Kompas TV lifestyle tren

2024 Tinggal Menghitung Hari, Negara Mana yang Pertama dan Terakhir Merayakan Tahun Baru?

Kompas.tv - 28 Desember 2023, 13:06 WIB
2024-tinggal-menghitung-hari-negara-mana-yang-pertama-dan-terakhir-merayakan-tahun-baru
Ilustrasi. Perbedaan zona waktu membuat sejumlah negara merayakan pergantian tahun lebih cepat daripada negara-negara lainnya. Lantas, negara mana yang pertama dan terakhir merayakan tahun baru 2024? (Sumber: vecstock on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seluruh dunia tengah bersiap menyambut tahun baru 2024. Perayaan malam pergantian tahun akan dilaksanakan pada 31 Desember 2023.

Tradisi pergantian tahun umumnya dirayakan bersama keluarga, sahabat, dan orang-orang terkasih. Momennya diisi dengan berbagai cara mulai dari memanjatkan doa dan harapan hingga menyalakan kembang api.

Karena dunia terbentang dari timur ke barat, dunia pun terbagi menjadi beberapa zona waktu.

Perbedaan zona waktu membuat sejumlah negara merayakan pergantian tahun lebih cepat daripada negara-negara lainnya.

Lantas, negara mana yang pertama dan terakhir merayakan tahun baru 2024?

Negara Pertama yang Merayakan Tahun Baru

Dilansir situs internasional Time and Date, negara pertama yang merayakan pergantian tahun baru adalah Kiribati, tepatnya di pulau Kiritimati.

Baca Juga: Daftar Acara Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta, Karnaval hingga Konser Musik

Kiritimati yang juga dikenal sebagai Christmas Island dalam bahasa Inggris, merupakan rangkaian 10 atol, pulau karang yang membentuk cincin, yang sebagian besar tak berpenghuni di tengah Samudra Pasifik.

Kiritimati merupakan salah satu dari 33 pulau yang membentuk Republik Kiribati.

Tahun baru di Kiribati dirayakan lebih awal karena pada tahun 1995, negara ini melakukan penyesuaian garis penanggalan, sehingga memastikan seluruh pulau di Kiribati dapat mengalami hari yang sama secara bersamaan.

Menurut laman Time.is, waktu Kiribati 5 jam lebih cepat dibandingkan waktu Indonesia bagian barat. 

Dengan perubahan garis penanggalan dan letak geografisnya, Kiribati menjadi salah satu negara yang unik, merayakan awal tahun lebih awal daripada kebanyakan negara di dunia.

Baca Juga: Deretan Acara Malam Tahun Baru 2024 di Yogyakarta, Enggak Cuma di Malioboro lho!

Negara Terakhir yang Merayakan Tahun Baru

Pulau-pulau terpencil di Amerika Serikat, seperti Pulau Baker dan Pulau Howland, menjadi wilayah terakhir yang merayakan Tahun Baru 2024.

Pulau-pulau kecil ini menjadi yang terakhir memasuki tahun baru setelah Hawaii yang merupakan negara bagian Amerika Serikat, dan Samoa Amerika, teritori AS di Samudra Pasifik selatan.

Meskipun perayaan ini tidak diiringi oleh kerumunan atau perayaan meriah, keunikan terletak pada kenyataan bahwa lokasi ini adalah satu-satunya di dunia yang merayakan tahun baru dalam Zona Waktu UTC-12:00.

Baca Juga: 10 Jenis Menu Makanan yang Disukai Warga Indonesia saat Merayakan Tahun Baru

Penting dicatat, waktu Pulau Baker dan Pulau Howland sekitar 12 jam lebih lambat dibandingkan waktu Indonesia bagian barat.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x