Kompas TV lifestyle kesehatan

Apa Itu Kanker Tiroid yang Diidap Jo Jung Min?

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 17:00 WIB
apa-itu-kanker-tiroid-yang-diidap-jo-jung-min
Jo Jung Min mengidap kanker tiroid (Sumber: spotify)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Aktris dan penyanyi Korea Selatan Jo Jung Min mengumumkan bahwa dirinya mengidap kanker tiroid. Kabar ini, ia umumkan saat saat tengah tampil dalam sebuah kontes menyanyi MBN Hyun Yuk Ga Wang pada November 2023 lalu.

Dikutip dari laman Koreanboo, penyanyi lagu "Ready, cue" telah menjalani serangkaian operasi pada Juni 2023. Hal ini membuatnya tidak bisa tampil maksimal di atas panggung.

Namun, Jo Jung Min berharap lagunya dapat menghibur dirinya dan penonton yang mendengarkannya pada kontes menyanyi tersebut. Lalu, apa itu kanker tiroid yang diderita Jo Jung Min?

Baca Juga: Pasca Operasi Kanker Tiroid, Park So Dam Positif Covid-19

Dikutip dari laman Healthline, kanker tiroid adalah kanker yang menyerang kelenjar tiroid. Kanker ini terjadi akibat adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali pada kelenjar tiroid. 

Kondisi ini kerap dialami oleh wanita, karena adanya siklus haid, kehamilan, melahirkan, serta menyusui yang mempengaruhi produksi hormon. Kelenjar tiroid sendiri merupakan bagian organ tubuh yang terletak pada pangkal leher dan memiliki bentuk seperti kupu-kupu.

Fungsi dari kelenjar ini adalah menghasilkan hormon tiroid yang berperan penting untuk mengatur detak jantung, suhu tubuh, dan tekanan darah. Penyebab kanker tiroid belum diketahui secara pasti.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker tiroid seperti gangguan pada tiroid hingga pernah terpapar radiasi tinggi. Kanker tiroid adalah jenis kanker yang jarang menimbulkan gejala di awal. 

Tetapi, seiring berjalannya waktu dan perkembangan sel kanker dalam tubuh akan muncul benjolan pada bagian depan leher. Bukan hanya benjolan pada leher, gejala lain yang dapat muncul seiring perkembangan kanker tiroid antara lain, nyeri pada leher dan tenggorokan, sulit menelan, hingga suara menjadi serak dan tidak membaik dalam waktu lama.

Melansir laman Medical News Today, kanker tiroid dapat disembuhkan dengan berbagai pengobatan. Namun, faktor kesembuhannya sangat bergantung pada jenis diferensiasi (baik atau buruk), stadium kanker, dan faktor risiko (low risk/high risk).

Pasien stadium I, II, dan III punya harapan hidup lebih besar. Alasannya karena sel kanker belum menyebar luas ke jaringan atau organ sehat lainnya.

Baca Juga: Artis "Parasite" Park So Dam Didiagnosis Kanker Tiroid Papiler, Ini Gejala dan Karateristiknya

Akan tetapi, pada pasien stadium IV yang sudah parah dan mungkin memiliki masalah kesehatan lain, penyakit tidak bisa disembuhkan. Meski begitu, pengobatan tetap bisa membantu meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup.


 



Sumber : Healthline, Medical News Today

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.