Kompas TV lifestyle kesehatan

Catat! Ternyata Ini 5 Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Berat Badan

Kompas.tv - 29 November 2023, 19:00 WIB
catat-ternyata-ini-5-manfaat-lada-hitam-untuk-kesehatan-tubuh-bisa-menurunkan-berat-badan

Ilustrasi Lada Hitam (Sumber: One Green Planets via TribunJatim.com)

Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Lada hitam merupakan salah satu rempah yang berasal dari tanaman dengan nama ilmiah Piper nigrum, yang memiliki bentuk bulat kecil, dan memberikan sensasi rasa pahit, panas, dan pedas ketika dikonsumsi.

Secara umum, rempah yang dikenal sebagai black pepper ini dikeringkan, dihaluskan, dan sering digunakan sebagai alternatif untuk cabai atau untuk memberikan cita rasa pedas pada masakan.

Dibalik kehadirannya sebagai bumbu dapur yang kerap menghiasi hidangan, lada hitam ternyata memberikan potensi luar biasa dengan deretan manfaat yang tidak hanya memberikan kelezatan pada makanan, tetapi juga mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan mengolahnya menjadi air rebusan. 

Dikutip dari Grid.id, berikut adalah manfaat air rebusan lada hitam untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah Dehidrasi

Gabungan antara lada hitam dan air panas memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan, termasuk memberikan nutrisi pada sel-sel kulit.

Dengan demikian, air rebusan lada hitam dapat menjadi alternatif untuk membantu mencegah kekurangan cairan, sehingga kamu akan tetap bertenaga sepanjang hari.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi air rebusan lada hitam dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Lada hitam berkontribusi memberikan nutrisi kepada sel-sel tubuh, membuatnya lebih kuat dan tahan terhadap kerusakan.

Tidak hanya itu, air rebusan lada hitam juga memiliki kemampuan untuk menghambat radikal bebas, menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Baca Juga: Penting Diketahui! 6 Manfaat Air Rebusan Cengkeh untuk Kesehatan, Termasuk Mengontrol Gula Darah

3. Mendetoksifikasi tubuh

Menyingkirkan racun-racun dari tubuh atau detoksifikasi merupakan hal yang sangat penting.

Salah satu organ yang memainkan peran krusial dalam proses penghilangan racun adalah usus. Usus yang berfungsi dengan baik dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan bahan kimia.

Dalam mendukung proses ini, disarankan mengonsumsi air rebusan lada hitam, yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan membantu meredakan ketidaknyamanan pada perut.

Baca Juga: Belum Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Air Rebusan Lengkuas untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya!

4. Mencegah Sembelit

Orang yang mengalami sembelit, sangat disarankan untuk mengonsumsi air rebusan lada hitam secara rutin, terutama bagi mereka yang mengalami sembelit kronis.

Hal ini dikarenakan air rebusan lada hitam dapat merangsang kelancaran buang air besar, dan memberikan kenyamanan pada perut.

Baca Juga: 4 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Perempuan, Bisa Redakan Keputihan dan Nyeri Haid!

5. Menurunkan Berat Badan

Lada hitam memiliki potensi untuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, dan membantu tubuh membakar lebuh banyak kalori.

Dengan mengonsumsi air rebusan lada hitam secara teratur, dipercaya dapat membantu mencapai postur tubuh yang diinginkan.


 



Sumber : Grid.Id


BERITA LAINNYA



Close Ads x