Kompas TV lifestyle travel

Daftar Lima Jalan Tol yang Gratis selama Liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Ada Ruas Solo-Jogja

Kompas.tv - 28 November 2023, 22:00 WIB
daftar-lima-jalan-tol-yang-gratis-selama-liburan-natal-2023-dan-tahun-baru-2024-ada-ruas-solo-jogja
Foto ilustrasi. Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo ruas jalan Kartasura-Klaten sepanjang 6 km. Selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), pemerintah akan membuka sejumlah ruas jalan tol. (Sumber: Dok. BPJT)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah akan membuka jalan tol gratis selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI menuturkan, ada lima ruas tol di Jawa dan Sumatera yang akan difungsionalkan pada musim libur Nataru tahun ini. 

Basuki mengatakan, terdapat dua ruas tol di Jawa yang dibuka fungsional pada Nataru, dan tiga ruas jalan tol di Sumatera.

Katanya, jalan tol gratis pertama adalah Tol Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang. 

“Untuk dapat difungsikan pada Nataru adalah Tol Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang,” kata Basuki melalui tayangan YouTube Komisi V DPR RI, Selasa (2/11/2023). 

Baca Juga: Jalan Tol Jagorawi Diperbaiki Seminggu, Pengguna Diimbau Atur Waktu Perjalanan

Kemudian, Tol Solo-Yogyakarta ruas Kartasura-Karanganom sepanjang 13 kilometer juga akan difungsionalkan pada Nataru.  

“Lebaran lalu baru sampai dengan Pakis, tapi pada Nataru ini insyaallah akan sudah bisa sampai ke Karanganom sepanjang 13 kilometer,” ungkapnya. 

Kemudian, tiga ruas tol di Sumatera yang difungsionalkan pada Nataru tahun ini memiliki total panjang sejauh 115 kilometer. 

Ketiga ruas tersebut yaitu Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat), Bangkinang-Tanjung Alai, dan Tol Binjai-Langsa. 

“Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat 71 kilometer, Bangkinang-Tanjung Alai 25 kilometer, dan Binjai-Langsa di seksi Kuala Bingai, Tanjungpura 19 kilometer,” ujar Basuki.

Baca Juga: Sepanjang 2023 Pemerintah Sudah Bangun 217,8 Km Jalan Tol, Ini Rinciannya


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x