Kompas TV lifestyle kesehatan

Siap-Siap Masker, Ini 4 Cara Mencegah Agar Tidak Tertular Cacar Monyet

Kompas.tv - 1 November 2023, 13:21 WIB
siap-siap-masker-ini-4-cara-mencegah-agar-tidak-tertular-cacar-monyet
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengantisipasi penambahan kasus Cacar Monyet atau Monkeypox, dengan membentuk tim penelusuran (tracing) oleh Dinas Kesehatan DKI. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Temuan kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia terus bertambah. Total kasus yang ditemukan secara keseluruhan sudah mencapai 27 orang. 

Kasus tersebut ditemukan di Bandung, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang, Banten, dan DKI Jakarta. Melihat perkembangan tren kasus cacar monyet yang cukup signifikan, penting bagi masyarakat untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi penularan cacar monyet.

Lalu, bagaimana cara mencegah agar tidak tertular cacar monyet?

Baca Juga: Dinkes Tangerang Selatan Konfirmasi Kasus Cacar Monyet Pertama

Dikutip dari laman healtline, cacar monyet atau yang dikenal dengan sebutan monkeypox adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus Orthopoxvirus. Virus ini bisa menyebar dari satu manusia ke manusia lain melalui kontak langsung antara pasien dengan orang lain.

Virus menyebar saat terjadi kontak langsung melalui darah, cairan tubuh, hingga lesi pada kulit mukosa. Selain itu mengonsumsi daging hewan yang terkontaminasi juga bisa menyebabkan terpapar monkeypox.

Kementrian Kesehatan Indonesia juga mengeluarkan himbauan agar dapat melakukan pencegahan dini. Berikut, cara mencegah agar tidak tertular cacar monyet.

1. Hindari Kontak Langsung dengan Orang yang Terinfeksi

Virus cacar monyet dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak dengan cairan tubuh, seperti air liur, darah, dan cairan dari lepuhan. Hindari kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, terutama jika orang tersebut memiliki ruam.

2. Cuci Tangan dengan Sabun dan Air

Cuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah kontak dengan hewan liar atau orang yang terinfeksi. Anda juga dapat menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

3. Gunakan Masker

Jika Anda merawat orang yang terinfeksi, gunakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus.

Baca Juga: Soal Kans Cacar Monyet Jadi Pandemi, Begini Penjelasan Epidemiolog

4. Vaksinasi

Vaksin cacar monyet dapat membantu mencegah infeksi. Vaksin ini tersedia untuk orang yang berisiko tinggi tertular cacar monyet, seperti petugas kesehatan dan orang yang tinggal di daerah dengan cacar monyet.


 

5. Hindari Konsumsi Konsumsi Daging Mentah 

Hindari mengonsumsi daging hewan yang mungkin terinfeksi cacar monyet, terutama jika tidak dimasak hingga matang. Daging hewan yang terinfeksi dapat menjadi sumber penularan virus jika dikonsumsi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x