Kompas TV lifestyle tren

Bye-bye MIUI, Xiaomi Resmi Ganti Antarmuka Ponsel Jadi HyperOS

Kompas.tv - 17 Oktober 2023, 14:16 WIB
bye-bye-miui-xiaomi-resmi-ganti-antarmuka-ponsel-jadi-hyperos
Xiaomi memperkenalkan desain antarmuka baru mereka bernama HyperOS. Menggantikan MIUI yang sudah digunakan selama 13 tahun. (Sumber: Xiaomi)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Xiaomi resmi mengumumkan pergantian antarmuka perusahaan dari MiUI ke HyperOS. Pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun memperkenalkan HyperOS melalui X (sebelumnya Twitter) dengan handle @leijun.

Jun menyebutkan bahwa HyperOS telah melalui pengembangan yang berlangsung bertahun-tahun dan siap untuk debut resmi pada ponsel Xiaomi 14 Series.

"Hari ini menandai momen bersejarah. Setelah kerja kolektif selama bertahun-tahun, sistem operasi baru kami, #XiaomiHyperOS, siap melakukan debut resminya di #Xiaomi14Series," tulis Jun dalam cuitannya, dikutip Selasa (17/10/2023).

Baca Juga: 5 Cara Matikan Iklan di HP Xiaomi yang Mengganggu

HyperOS akan diperkenalkan secara bertahap, dimulai dengan peluncuran Xiaomi 14, seri flagship perusahaan.

Xiaomi berencana untuk secara global menggantikan MiUI dengan HyperOS mulai tahun 2024.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad SE yang Rilis di Indonesia

Meskipun detail lengkap tentang HyperOS masih belum diungkapkan, Xiaomi telah memberikan bocoran tentang berbagai peningkatan yang akan dihadirkan oleh antarmuka baru ini.

Ini termasuk peningkatan dalam performa serta konektivitas yang lebih baik dengan berbagai perangkat Internet of Things yang berbasis kecerdasan buatan (AIoT).

Lei Jun, melalui media sosial Weibo di China, menegaskan bahwa HyperOS akan mendukung seluruh ekosistem produk Xiaomi yang mencakup 200 kategori, termasuk produk smart home, kendaraan, dan banyak lagi.

Baca Juga: Harga Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G, Spesifikasi: RAM 8 GB, Kamera Depan 16 MP

Sejak pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2010, MiUI telah menjadi antarmuka pengguna yang digunakan pada beragam ponsel Xiaomi dan sub-brand-nya seperti Poco dan Redmi selama 13 tahun.

MiUI 14, yang dirilis pada Desember 2022, menjadi versi terakhir sebelum perubahan nama ini.


 

Debut HyperOS  dibersamai dengan peluncuran Xiaomi 14. Ponsel flagship ini diperkirakan akan membawa sejumlah fitur menarik, termasuk kamera Leica, layar resolusi tinggi, dan chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Baca Juga: Xiaomi Bakal Bikin Mobil Listrik, Produksi Massal Dimulai 2024

Xiaomi juga akan membekali ponsel ini dengan fitur pengisian daya cepat 90 watt dan sistem pendingin yang lebih besar untuk menjaga suhu perangkat.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x