Kompas TV lifestyle kesehatan

12 Oktober Hari Penglihatan Sedunia, Ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Kompas.tv - 12 Oktober 2023, 04:00 WIB
12-oktober-hari-penglihatan-sedunia-ini-5-cara-menjaga-kesehatan-mata
Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk menjaga penglihatan yang baik dan menikmati kesehatan mata. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pada hari ini, Kamis 12 Oktober 2023 bertepatan dengan Hari Penglihatan Sedunia yang diperingati pada 12 Oktober setiap tahunnya.

Bertema "Love Your Eyes at Work" atau "Sayangi Matamu di Tempat Kerja", Hari Penglihatan Sedunia 2023 berfokus untuk menyuarakan pentingnya kesehatan mata di tempat kerja.

Dikutip dari situs International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB), Hari Penglihatan Sedunia 2023 memiliki tujuan untuk memberikan dorongan kepada para pengusaha untuk memperhatikan kesehatan mata para karyawannya.

Peringatan ini ingin menginisiasi dan memotivasi para pengusaha agar dapat menyediakan perawatan mata yang berkualitas serta memperhatikan kesehatan mata para karyawannya.

Kesehatan mata merupakan hal yang harus diperhatikan, terlebih mata merupakan salah satu panca indera untuk mempermudah berbagai kegiatan. Mengingat pentingnya fungsi mata, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga: Penggunaan Gadget Berlebihan, Picu Gangguan Kesehatan Mata

Berikut cara menjaga kesehatan mata dengan mudah:

1. Periksa mata secara rutin

Periksa mata secara rutin ke dokter mata setidaknya setiap 12 bulan sekali. Pemeriksaan mata penting untuk mendeteksi masalah penglihatan sejak dini, sehingga dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

2. Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan bergizi yang kaya akan nutrisi untuk mata, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, zeaxanthin, dan asam lemak omega-3. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan mata, seperti mencegah katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata lainnya.

3. Hindari paparan sinar ultraviolet

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak mata. Oleh karena itu, gunakanlah kacamata hitam dengan lensa yang dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet.

4. Hindari penggunaan gawai terlalu lama

Pemakaian gawai terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah dan kering. Oleh karena itu, batasi penggunaan gawai dan lakukanlah peregangan mata secara berkala.

Baca Juga: Berapa Jarak Menonton TV yang Aman untuk Menjaga Kesehatan Mata?

5. Istirahat mata

Istirahat mata secara berkala selama beberapa menit setiap 20 menit untuk mencegah mata lelah dan kering. Cara mengistirahatkan mata cukup mudah.

Tutup mata selama beberapa menit, alihkan pandangan dari layar gawai atau perangkat lain. Cobalah fokus pada objek yang jauh.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x