Kompas TV lifestyle kesehatan

12 Oktober Hari Radang Sendi Sedunia, Ini Jenis Radang Berdasarkan Penyebabnya

Kompas.tv - 12 Oktober 2023, 08:30 WIB
12-oktober-hari-radang-sendi-sedunia-ini-jenis-radang-berdasarkan-penyebabnya
Ilustrasi. Radang sendi psoriatik dapat memengaruhi kulit dan persendian Anda. Kemungkinannya, Anda juga memperhatikan perubahan pada kuku Anda. (Sumber: Cleveland Clinic)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Banyak orang tidak tahu bahwa setiap 12 Oktober diperingati sebagai Hari Radang Sedunia atau World Arthritis Day (WAD) setiap tahunnya.

Hari peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit rematik dan muskuloskeletal atau Rheumatic and Musculoskeletal Diseases (RMD).

Hari Radang Sendi Sedunia awalnya didirikan oleh Arthritis and Rheumatism International (ARI) pada  1996. Bersama dengan European League Against Rheumatism (EULAR), mereka terus menjalankan inisiatif global ini agar masyarakat lebih peduli dengan kesehatan sendi sekaligus mempromosikan penelitian ilmiah tentang RMD.

Lalu, apa itu radang sendi dan apa penyebabnya?

Baca Juga: Pengaruh Radang Sendi Psoriatik pada Kuku dan Cara Mengatasinya

Dikutip dari laman healthline, arthritis adalah kondisi yang menyebabkan peradangan atau pembengkakan pada jaringan di sekitar sendi. Arthritis berasal dari kata Yunani "arthro" yang berarti "sendi" dan "itis" yang berarti "peradangan."

Ada banyak jenis penyakit yang dapat dikategorikan sebagai radang sendi, termasuk osteoarthritis, rheumatoid arthritis, childhood arthritis, fibromyalgia, gout, dan lupus. Kebanyakan dari mereka memiliki gejala yang berbeda, tetapi umumnya pengidap radang sendi mengalami kekakuan dan timbul rasa nyeri pada jaringan sendi.

Pengidap utama arthritis adalah kelompok lansia di atas 65 tahun. Namun, 30 persen dari semua temuan kasus menunjukan radang sendi juga menyerang remaha dan bayi.

Penyebab radang sendi berbeda-beda. Berdasarkan penyebabnya, radang sendi dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Osteroarthritis

Osteoarthritis adalah radang sendi yang disebabkan oleh penipisan dan kerusakan tulang rawan. Kondisi ini menyebabkan terjadinya gesekan langsung antartulang.

2. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah radang sendi yang disebabkan oleh penyakit autoimun, yaitu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang membran sinovial di persendian.

3. Reactive arthritis atau Sindrom Reiter

Reactive arthritis adalah radang sendi yang terjadi akibat reaksi peradangan di bagian tubuh lain. Kondisi ini sering dipicu oleh infeksi bakteri yang terjadi di saluran kemih.

4. Septic arthritis

Septic arthritis atau infectious arthritis adalah radang sendi yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur pada sendi. Penyakit ini umumnya menyerang satu sendi besar di tubuh, seperti lutut atau pinggul.

Baca Juga: Kenali Gejala Radang Sendi “Osteoarthritis” | AYO SEHAT

5. Gout arthritis

Gout arthritis adalah radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam sendi. Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada pria.


 



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x