Kompas TV lifestyle kesehatan

Amankah Mengonsumsi Telur Ayam yang Cangkangnya Bergelombang?

Kompas.tv - 10 September 2023, 15:11 WIB
amankah-mengonsumsi-telur-ayam-yang-cangkangnya-bergelombang
Amankah mengonsumsi telur dengan cangkang bergelombang? (Sumber: Twitter/@convomf)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Telur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak dan cara memasaknya yang mudah menjadikan telur menu pilihan sehari-hari.

Sebagian dari kita mungkin pernah menemukan telur yang memiliki cangkang dengan bentuk tak biasa. Umumnya, cangkang telur bertekstur mulus. Namun, ada telur yang memiliki cangkang bergelombang.

Tak sedikit yang bertanya-tanya apakah aman mengonsumsi telur ayam dengan cangkang bergelombang ini?

Baca Juga: Amankah Pakai Binder Perata Payudara? Dokter Boyke: Bisa Ubah Bentuk hingga Ganggu Produksi ASI

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Mochammad Fahmi Habibi menjelaskan, cangkang telur terbentuk karena peristiwa alami yang umum ditemui oleh peternak ayam petelur.

Ada beberapa penyebab cangkang telur bergelombang dan tidak mulus, salah satunya karena ayam sudah terlalu tua untuk bertelur. Adanya penyakit yang disebabkan oleh mikotoksin (mycotoxin) juga bisa menjadi penyebab cangkang telur bergelombang.

Mikotoksin adalah racun alami yang dihasilkan oleh jamur tertentu. Pada ayam, penyakit yang disebabkan mikotoksin terjadi karena ayam mengonsumsi banyak pakan yang terkontaminasi.

Baca Juga: Amankah Mencampurkan Kopi Saset dengan Susu? Simak Penjelasan Ahli Gizi

Namun, untuk memastikan telur ayam bergelombang karena penyakit ini, dibutuhkan pengamatan di laboratorium.

“Karena mycotoxin ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang,” kata Fahmi, dikutip dari pemberitaan Kompas.com yang terbit pada 10 Februari 2023.

Penyebab lain cangkang telur bergelombang adalah karena nutrisi ayam yang kurang baik. Ayam yang menghasilkan telur bergelombang biasanya kekurangan kalsium dan vitamin D3.

Selain itu, telur dengan cangkang bergelombang bisa disebabkan karena heat stress, kondisi ketika ayam tidak mampu membuang panas dari dalam tubuhnya karena suhu kandang terlalu tinggi.

Baca Juga: Viral Membagikan Kepribadian Sesuai Tanggal Lahir dari Google, Amankah?

Meski terkesan berbahaya, telur ayam bergelombang umumnya masih aman untuk dikonsumsi, asalkan kondisi telur masih utuh dan cangkang tidak retak atau pecah.

“Karena jika ada retakan, maka bakteri dari luar telur akan masuk dan membuat kualitas telurnya turun.” jelas Fahmi.

Namun, apabila cangkang telur bergelombang karena penyakit dari mikotoksin, sebaiknya jangan dikonsumsi karena berpotensi membahayakan kesehatan.


 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x