Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Hati-Hati! Ini Efek Samping Minyak Kayu Putih yang Dipakai untuk Cerahkan Ketiak

Kompas.tv - 2 September 2023, 15:13 WIB
hati-hati-ini-efek-samping-minyak-kayu-putih-yang-dipakai-untuk-cerahkan-ketiak
Ilustrasi. Benarkah minyak kayu putih bisa mencerahkan ketiak dan apa efek sampingnya? (Sumber: Pexels/Cliff Booth)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketiak yang cerah dan mulus merupakan idaman perempuan. Ada berbagai cara yang digunakan untuk mendapatkan ketiak yang cerah.

Beberapa alternatif tersedia untuk dipilih demi mencerahkan ketiak yang hitam, salah satunya menggunakan minyak kayu putih. Tips mencerahkan ketiak dengan minyak kayu putih pun beredar di media sosial.

Umumnya, minyak kayu putih digunakan untuk membantu meringankan gatal-gatal, rasa mual, kembung, pusing, hingga sakit perut.

Tak banyak yang tahu bahwa ada orang-orang yang menggunakan minyak kayu putih untuk membuat warna lipatan ketiak menjadi lebih cerah.

Baca Juga: Soal Minyak Kayu Putih Campur Pertalite, Ahli ITB Buka Suara

Lantas, benarkah demikian?

Dosen ilmu kesehatan kulit dan kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Ismiralda Oke Putranti, menjelaskan hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan minyak kayu putih dapat mencerahkan warna ketiak.

Ismiralda bilang, sejumlah bukti ilmiah justru menyebutkan minyak kayu putih dapat membuat kulit iritasi karena kandungan eucalyptus pada minyak kayu putih menghasilkan gas dan efek panas.

Jika minyak kayu putih dioleskan pada kulit atau area lipatan yang tipis, risiko kulit iritasi pun meningkat. Jika kulit meradang, hiperpigmentasi atau kulit menggelap, bisa terjadi.

“Alih-alih dapat kulit terang, malah dapatnya kulit makin gelap karena efek hiperpigmentasi pascainflamasi,” terang Ismiralda, Sabtu (2/9/2023).

Ismiralda menambahkan, minyak kayu putih juga biasanya mengandung berbagai bahan campuran yang memiliki efek samping untuk kulit.

Dia tidak menyarankan penggunaan minyak kayu putih untuk membersihkan atau mencerahkan kulit. Jika ingin membersihkan kulit, dia menyarankan micellar water.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Minyak Kayu Putih Selain Menghangatkan Tubuh, Apa Saja?

Micellar water digunakan untuk membersihkan kotoran pada kulit, termasuk area lipatan ketiak. Sisa deodoran dapat dibersihkan menggunakan micellar water.

“Syaratnya ya tidak boleh digosok berlebihan, karena kulit akan mengalami iritasi dan lecet,” papar dia, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Apabila ingin mencerahkan warna ketiak, Ismiralda menyarankan agar berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x