Kompas TV lifestyle kesehatan

Cara Memotong Daun Lidah Buaya Agar Aman Digunakan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kompas.tv - 24 Agustus 2023, 12:47 WIB
cara-memotong-daun-lidah-buaya-agar-aman-digunakan-untuk-kesehatan-dan-kecantikan
Cara aman memotong daun lidah buaya (Sumber: Racool_studio on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Desy Afrianti

KOMPAS TV - Lidah buaya telah dikenal sebagai tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Dengan memiliki manfaat yang beragam, banyak orang yang menggunakan tanaman ini untuk kebutuhan mereka, seperti mengobati luka bakar hingga menyuburkan rambut.

Sebelum menggunakan lidah buaya, perlu diketahui cara memotong lidah buaya yang benar agar dapat membantu menjaga kesehatan tanaman, memungkinkan daunnya untuk tumbuh lagi, dan mendapatkan manfaat yang baik pada daunnya.

Melansir dari gardeningknowhow.com, berikut ini adalah cara memotong daun lidah buaya yang baik dan aman untuk digunakan.

Cara memotong daun lidah buaya yang baik dan aman

Untuk mendapatkan gel yang banyak, pilih daun yang tebal, halus, besar dan matang. Daun lidah buaya yang siap dipanen memiliki ujung daun yang berwarna kemerahan.

Gunakan pisau atau gunting yang bersih dan tajam untuk memotong dekat dengan pangkal tanamannya, hindari memotong daunnya hingga habis. Potong daun lidah buaya dari tanaman yang sudah dewasa dan sebaiknya yang ditanam di tanah.

Baca Juga: 10 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Diketahui, Bisa untuk Kesehatan hingga Kecantikan

Hindari memotong daun lidah buaya menggunakan tangan, karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada daun dan tanaman. Setelah memotong daun lidah buaya, bersihkan pisau atau gunting dengan menggunakan alkohol.

Setelah memotong daun lidah buaya, pegang ujung potongannya ke bawah dan biarkan aloinnya menetes hingga habis.

Aloin adalah getah kekuningan yang terkandung dalam lidah buaya. Aloin memiliki rasa yang pahit dan dapat menyebabkan sakit perut, diare, mual dan mulut kering pada sebagian orang.

Setelah itu, letakkan daun lidah buaya ke dalam wadah yang telah disiapkan. Cuci daun lidah buaya hingga bersih dan potong bagian tepi daun yang bergerigi.

Kemudian, buang semua sisi kulit daun lidah buaya yang berwarna hijau seperti mengupas kulit ikan. Jika gel yang berbentuk daging berwarna putih sudah terlihat, maka gel dapat segera digunakan.

Cara menggunakan gel lidah buaya bisa dengan menghaluskannya seperti smoothie buah atau dihaluskan dengan sayuran. Selain itu lidah buaya juga dapat dipotong menjadi dadu dan diawetkan dengan dibekukan di kulkas.

Baca Juga: Atasi Jerawat Pakai Lidah Buaya, Begini Caranya



Sumber : gardeningknowhow.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x