Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Jus Buah Alami untuk Turunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes, Apa Saja?

Kompas.tv - 30 Juli 2023, 07:00 WIB
4-jus-buah-alami-untuk-turunkan-kadar-gula-darah-penderita-diabetes-apa-saja
Ilustrasi mengecek kadar gula darah. Beberapa jenis buah mengandung manfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Selain bisa dikonsumsi secara utuh, buah-buahan tersebut dapat diolah menjadi jus. (Sumber: piqsels.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kadar gula darah yang tinggi dapat membahayakan penderita diabetes. Pasien diabetes pun wajib menjaga makanan dan minuman untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Apabila kadar gula darah terhitung tinggi, penderita diabetes dapat mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman yang berfungsi menurunkan kadar gula darah. Berikut empat jus buah alami yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah.

Penyebab naiknya kadar gula dalam tubuh sendiri umumnya karena gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mengetahui kadar gula darah, seseorang dapat melakukan tes gula darah (glukosa darah) dengan alat tertentu atau di layanan kesehatan terdekat.

Baca Juga: 5 Manfaat Labu Siam, Bantu Jaga Kesehatan Jantung hingga Kendalikan Gula Darah

Untuk mencegah naiknya kadar gula darah ke taraf yang berbahaya, penderita diabetes disarankan mengontrol asupan makan. Penderita diabetes disarankan mengonsumsi aneka sayur dan buah yang baik bagi kesehatan.

Beberapa jenis buah mengandung manfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Selain bisa dikonsumsi secara utuh, buah-buahan tersebut dapat diolah menjadi jus.

Sebagaimana disarikan Kontan, berikut empat jus buah yang dapat bermanfaat menurunkan kadar gula darah.

4 Jus Buah untuk Turunkan Kadar Gula Darah

Jus lemon

Konsumsi jus lemon dapat membantu tubuh mengontrol kadar gula darah serta menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Jus nanas

Buah nanas mengandung bromelin yang berperan sebagai pencegah komplikasi diabetes. Nanas juga kaya kandungan serat, mineral, serta rendah gula sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes.

Jus delima

Jus delima bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena diabetes. Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian sederhana dengan sampel 10 orang dewasa sehat dan 10 orang dewasa penderita diabetes tipe 2.

Partisipan penelitian diminta mengonsumsi jus delima pekat setiap hari selama tiga bulan. Hasilnya, jus delima terkait dengan penurunan penyerapan kolesterol jahat (LDL). Jus delima juga disebut tidak memperburuk gejala diabetes.

Jus buah naga

Buah naga mengandung protein, serat, karoten, kalsium, zat besi, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut dapat menyeimbangkan kadar gula darah.

Selain mengonsumsi makanan sehat seperti jus-jus di atas, penderita diabetes tentu mesti menjalankan gaya hidup sehat untuk menjaga kadar gula darah. 

Baca Juga: 7 Tanda Gula Darah Tinggi Dalam Tubuh, Ada di Tangan, Gusi hingga Mata


 



Sumber : Kontan


BERITA LAINNYA



Close Ads x