Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Benarkah Tak Boleh Pakai Bedak Tabur Setelah Pakai Sunscreen? Ini Kata Dokter Kulit

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 19:23 WIB
benarkah-tak-boleh-pakai-bedak-tabur-setelah-pakai-sunscreen-ini-kata-dokter-kulit
Ilustrasi skincare. Bolehkah menggunakan bedak tabur setelah sunscreen atau tabir surya? (Sumber: Shutterstock/via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Netizen dihebohkan dengan video TikTok berisi seseorang yang heran dengan penggunaan bedak tabur setelah sunscreen atau tabir surya.

Tak sedikit yang menanyakan hal tersebut. Benarkah tidak boleh menggunakan bedak tabur setelah mengaplikasikan sunscreen di wajah?

Dokter spesialis kulit dan kelamin di Vivaldy Skin Clinic, Mataram, Dedianto Hidajat mengatakan bahwa penggunaan bedak tabur setelah sunscreen sebetulnya sah-sah saja dan boleh dilakukan.

Penggunaan kosmetik bedak tabur memang diaplikasikan setelah menggunakan sunscreen. Menurutnya, tak perlu jeda waktu khusus untuk mengaplikasikan sunscreen dan bedak tabur.

Yang terpenting adalah sunscreen terlebih dahulu, baru bedak tabur. Sebab, sunscreen merupakan langkah perawatan kulit (skincare) terakhir yang digunakan setelah mencuci muka dan mengoleskan pelembab (moisturizer). Sedangkan, bedang tabur merupakan kosmetik.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua, Termasuk Merokok dan Konsumsi Alkohol!

Dedianto menjelaskan bahwa saat ini sunscreen memiliki jenis dan bentuk yang beragam, seperti krim, stik, hingga semprot. Ada juga jenis sunscreen yang sudah memiliki kandungan bedak atau foundation.

“Itu kembali ke preferensi penggunanya. Jadi mau digunakan sekalian atau tidak (sunscreen dan bedak tabur)” jelas Dedianto, Rabu (26/7/2023).

Dia menambahkan bahwa mengoleskan sunscreen dan bedak yang mengandung SPF justru menambah efektivitasnya.

“Terutama untuk kasus flek seperti melasma dan antiaging,” jelas dia, seperti dilansir dari Kompas.com.

Soal double cleansing atau pembersihan dua kali, Dedianto memberikan pendapatnya.

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah yang dilakukan dengan dua tahap, yakni menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, kemudian pembersih berbahan dasar air.

Baca Juga: 5 Bahan Aktif Skincare yang Bisa Hilangkan Mata Panda

Menurut Dedi, double cleansing setelah menggunakan sunscreen dan bedak tabur disesuaikan dengan preferensi penggunanya.

“Kalau bedak tabur kan tidak terlalu menempel lama seperti foundation atau bedak padat, tentu saja membersihkannya lebih simpel ya,” pungkas dia.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x