Kompas TV lifestyle kesehatan

Hati-Hati, Ini Gejala Kolesterol Tinggi yang Patut Diwaspadai: Mudah Lelah hingga Nyeri Dada

Kompas.tv - 9 Juli 2023, 14:12 WIB
hati-hati-ini-gejala-kolesterol-tinggi-yang-patut-diwaspadai-mudah-lelah-hingga-nyeri-dada
Ilustrasi. Nyeri di dada, salah satu gejala kolesterol tinggi. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kolesterol adalah senyawa lemak yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi secara normal. Namun, jika kadar kolesterol dalam darah meningkat secara berlebihan, itu dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan. 

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali gejala kolesterol tinggi dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Setelah Menikmati Daging Kurban

Gejala Kolesterol Tinggi

Dilansir EG Health Care, berikut beberapa gejala yang mungkin muncul pada seseorang yang memiliki kolesterol tinggi:

1. Nyeri Dada

Jika Anda sering merasakan nyeri pada dada yang tidak dapat dijelaskan oleh kondisi lain, itu bisa menjadi tanda adanya masalah kolesterol. Nyeri ini seringkali terasa seperti tekanan atau ketidaknyamanan di dada.

2. Sesak Napas

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang menghambat aliran darah ke jantung. Ini bisa membuat Anda merasa sesak napas atau kekurangan napas dengan mudah, terutama saat melakukan aktivitas fisik.

3. Mudah Lelah

Kolesterol tinggi dapat menghambat aliran darah yang sehat ke organ vital, termasuk otot-otot. Ini dapat menyebabkan kelelahan berlebihan yang tidak dapat dijelaskan dan penurunan energi secara umum.

Baca Juga: Ahli Gizi Bagikan Tips Makan Daging Kurban Iduladha bagi Penderita Kolesterol hingga Hipertensi

4. Kram atau Nyeri pada Ekstremitas

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan pembentukan gumpalan darah yang disebut trombus. Jika trombus terbentuk di arteri yang memasok darah ke lengan atau kaki, Anda mungkin akan mengalami kram atau nyeri yang tidak biasa pada ekstremitas atau anggota gerak.

5. Sakit Kepala yang Berulang

Tingkat kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau kondisi lain yang dapat menyebabkan sakit kepala yang berulang.

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi. Penting untuk rutin memeriksakan kadar kolesterol agar kita dapat melakukan pencegahan dini.


 



Sumber : EG Health Care


BERITA LAINNYA



Close Ads x