Kompas TV lifestyle tren

Hari Anak Internasional 2023, Ini Sejarah Diperingati Tiap 1 Juni

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 05:45 WIB
hari-anak-internasional-2023-ini-sejarah-diperingati-tiap-1-juni
Ilustrasi. Hari Anak Internasional 2023 yang diperingati tiap 1 Juni (Sumber: iStockPhoto)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap 1 Juni, masyarakat di berbagai negara di belahan dunia memperingati Hari Anak Internasional atau International Children's Day.

Hari Anak Internasional 2023 jatuh pada Kamis (1/6/2023) dengan tujuan untuk menyebarkan kesadaran akan kesejahteraan dan hak anak.

Peringatan ini dilakukan setiap tahun sebagai upaya perjuangan untuk mengakhiri kasus pelecehan terhadap anak hingga perampasan hak-hak anak.

Hari Anak Internasional ini berbeda dengan Hari Anak Sedunia yang diperingati setiap 20 November. Kendati demikian keduanya memiliki makna substansi yang sama yakni kepedulian terhadap hak anak.

Baca Juga: Anak Usia 2 Tahun di Sorong Tewas Dianiaya Ayah Kandung, Pelaku Kubur Anaknya di Dalam Rumah!

Sejarah Hari Anak Internasional

Melansir National Today, sejak Revolusi Industri dan Perang Dunia, banyak anak-anak telah dilecehkan, ditindas, dan dicabut hak asasi manusianya.

Menjadi lemah dan penakut, mereka dapat dengan mudah dipaksa melakukan penindasan dan kegiatan yang tidak adil, tidak etis, dan tidak bermoral.

Mereka dieksploitasi dan dimanipulasi. Jutaan dari mereka ditemukan kekurangan gizi. Hal inilah yang kemudian disorot selama Konferensi Jenewa pada 1925. Para pemimpin dunia memutuskan untuk melindungi anak-anak di seluruh dunia.

Pada tanggal 4 November 1949, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Internasional untuk Perlindungan Anak oleh Federasi Demokrasi Internasional Perempuan di Moskow.

Negara yang memperingati Hari Anak Internasional 1 Juni yakni Armenia, Azerbaijan, Belarus, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Latvia, Lituania, Moldova, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraina, Uzbekistan.

Baca Juga: Remaja di Sulteng Diperkosa 11 Orang Terancam Angkat Rahim, Puan Minta Semua Pelaku Ditindak Tegas

Cara Merayakan Hari Anak Internasional

1. Donasi

Anda dapat menyumbang dan untuk anak-anak yang untuk membantu mereka yang membutuhkan uluran tangan seperti di panti asuhan dan lainnya.

2. Menjadi relawan

Anda juga bisa menjadi orang yang terjun langsung menjadi sukarelawan saat Hari Anak Internasional untuk membagikan kesadaran akan pentingnya perlindungan untuk anak.

Anda bisa memulai dengan membagikan informasi mengenai hak-hak anak dan ikut memerangi pelecehan pada anak.

3. Dimulai dari diri sendiri

Memperingati Hari Anak Internasional juga bisa dirayakan dengan melakukan renungan apakah selama ini sudah memenuhi hak-hak anak termasuk perlindungan yang memadai.



Sumber : Kompas TV, National Today



BERITA LAINNYA



Close Ads x