Kompas TV lifestyle tren

Pentingnya Berani Bereksplorasi di Masa Muda

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 15:00 WIB
pentingnya-berani-bereksplorasi-di-masa-muda
Mengenali potensi diri bisa berguna pada pengembangan karier di masa depan. (Sumber: Freepik/kues)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masa muda adalah waktu untuk mengeksplorasi banyak hal. Pada masa ini, kita dihadapkan dengan berbagai pilihan untuk memperkuat minat hingga potensi diri. Hal ini yang akan meningkatkan kepercayaan diri dan membuka pintu menuju pengalaman berharga.

Begitu pula Paulina Purnomowati, Chief Marketing Officer TipTip, bersama Dian Gemiano, Chief Marketing Officer KG Media, pun berbincang hangat seputar pengalaman bekerja dengan anak muda.

Dalam siniar Obsesif edisi LED Talk episode “Berani Eksplorasi Hal Baru di Masa Muda” dengan tautan akses dik.si/ObsesifYTPungky, keduanya menganggap anak muda masa kini kerap mendapat stereotip pemalas dan lemah. Padahal, mereka memiliki segudang ide brilian yang akan berguna bagi perusahaan. 


Untuk mematahkan stigma itu, anak muda harus bisa membuktikan bahwa kita dapat menjadi sosok yang memiliki keingintahuan yang tinggi. Meskipun awalnya menakutkan, tapi proses dalam mempelajari hal tersebut tidak akan mengkhianati hasilnya. Justru, perasaan takut dan gundah adalah hal normal.

Baca Juga: Ingin Karier Cemerlang? Simak Tips Berikut!

Namun, mengutip Wanderlust, terlalu sering membiarkan rasa takut akan hal asing akan menghentikan kita. Ubahlah rasa takut itu untuk mendorong kita memperluas hingga keluar dari zona nyaman. 

Bahkan, psikolog, Rich Walker, mengatakan orang yang sering kali mencoba hal baru dan memiliki pengalaman baru cenderung mampu mengatur emosi. Hal ini tentu berguna bagi regulasi emosinya karena orang tersebut akan lebih meminimalkan emosi negatif dan baru melampiaskannya pada waktu dan tempat yang tepat.

Tak hanya itu, mencoba hal baru bisa membuat rasa ingin tahu kita meningkat. Pasalnya, di dunia ini ada banyak hal yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Jadi, tak ada salahnya mengalokasikan waktu untuk mencoba hal baru yang menyenangkan dan hanya bisa dilakukan sekali dalam beberapa waktu.

Dari pengalaman itu, kita akan menemukan sisi lain dari diri sendiri dan bertemu dengan teman-teman baru. Akhirnya, kita juga jadi melatih kemampuan berbicara di depan banyak orang.

Dalam hal karier, masa muda adalah pijakan sebagai penentu jenjang karier di masa depan. Keputusan yang diambil hingga aktivitas-aktivitas yang kita pilih akan sangat menentukan bagaimana sikap kita dalam menyikapi sesuatu.

Baca Juga: Pentingnya Asuransi di Fase Awal Karier

Lantas, bagaimana pandangan Pungky dan Gemi seputar anak muda? Adakah cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan sikap eager to learn mereka? Temukan jawaban lengkapnya dalam episode “Berani Eksplorasi Hal Baru di Masa Muda” dengan tautan akses dik.si/ObsesifYTPungky.

Dengarkan pula episode LED Talk bersama pemimpin lainnya yang tak kalah menarik dan menginspirasi dalam siniar Obsesif di Spotify dan juga TipTip melalui tautan berikut tiptip.co/p/ObsesifLEDTalk.

Penulis: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.