Kompas TV lifestyle travel

Anti Cemas! Simak 5 Tips agar Listrik Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

Kompas.tv - 19 April 2023, 16:16 WIB
anti-cemas-simak-5-tips-agar-listrik-rumah-aman-saat-ditinggal-mudik
Masyarakat perlu memperhatikan keamanan instalasi listrik di rumah, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat sedang melakukan mudik lebaran. (Sumber: Humas PT PLN)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Raya Idulfitri 1444 H alias Lebaran 2023 tinggal menghitung hari. Sebagian dari kita mungkin akan melakukan perjalanan mudik selama beberapa hari.

Tak jarang, rumah dalam keadaan kosong saat mudik. PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi listrik rumah dalam keadaan aman.

Melalui akun Instagram resmi @pln_id, PT PLN membagikan beberapa tips agar listrik rumah aman saat ditinggal mudik. Apa saja tipsnya?

Baca Juga: Daftar Stasiun Pengisian Mobil Listrik di Jawa Tengah-DI Yogyakarta, Ada 21 Charger, Ini Lokasinya!

1. Cek Sambungan Listrik

Sebelum berangkat mudik, periksa sambungan listrik. Apabila ada peralatan elektronik yang tidak dibutuhkan, ada baiknya untuk mencabut dari stop kontak.

Hal ini penting untuk mencegah adanya korsleting listrik saat rumah dalam keadaan kosong.

2. Bayar Listrik Pascabayar

Ada baiknya untuk membayar listrik pascabayar sebelum tanggal 20 di tiap bulannya. Jangan sampai tagihan listrik membengkak setelah Lebaran.


 

Anda dapat membayar tagihan listrik melalui berbagai metode, tak perlu datang ke Kantor Cabang PLN. Jadi, pastikan membayar listrik tepat waktu.

3. Pastikan Nominal Token Listrik Prabayar Aman

Bagi Anda yang menggunakan listrik prabayar, jangan lupa periksa nominal token listrik sebelum mudik. Pastikan, nominal token listrik aman untuk mencegah padamnya listrik saat mudik.

Baca Juga: Fortuner yang Ditumpangi Pemudik Masuk Jalur Rel Kereta Api di Banyumas, Diduga Sopir Sengaja

4. Cek Instalasi Listrik

Jika instalasi listrik rumah Anda kerap mengalami korsleting, mintalah bantuan instalatir resmi yang terdaftar sebelum berangkat mudik. Jangan mengeceknya tanpa ada orang yang berpengalaman yang membantu.

5. Lapor ke RT/RW

Sesaat sebelum berangkat mudik, jangan lupa untuk melapor ke RT/RW. Tak hanya itu, titipkan rumah kepada tetangga terdekat sebelum mudik untuk memastikan kondisi rumah aman.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.