Kompas TV kuliner cerita rasa

Soto Banjar Pas Untuk Lebaran

Kompas.tv - 22 Mei 2020, 13:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bergeser ke bilangan Cilandak Jakarta Selatan Benoe menemui kerabatnya Ibu Dewi yang memiliki bisnis catering rumahan masakan khas suku Banjar. Hari ini Ibu Dewi akan memasak Bersama Benoe, memasak soto Banjar.

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah.

Berbeda dengan soto banjar ini cukup membutuhkan banyak rempah bawang, merah, bawang putih, jahe, lengkuas, pala, jinten, bunga pk, merica, Kapulaga, cengkeh ,dan kayu manis.

Ada kalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya mejadi tidak bening, tetapi sedikit keruh.

 Soto ini berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel, kentang rebus, rebusan telur, potongan wortel dan ketupat.

Proses masak yang dilakukan Ibu Dewi tidak menggunakan santan dan susu, jadi berkuah bening seperti sup saja. Toping telur yang digunakan untuk pelengkap soto banjar ini harus telur bebek. Irisannya pun tipis-tipis mendekati hancur, nah ternyata ini menambah kuah soto banjar ini menjadi lebih gurih. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x