Kompas TV kuliner cerita rasa

Makan Konro Bakar Langsung di Makassar

Kompas.tv - 19 Mei 2020, 16:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

SULAWESI SELATAN, KOMPAS.TV - Kita menuju ke Sulawesi Selatan. Makassar dikenal dengan kuliner dagingnya yang kaya rempah. Salah satu kuliner berbahan daging yang wajib dicicipi saat ini adalah sop konro.

Benoe mau nyobain konro yang cukup fenomenal yang ada, tapi di kampungnya langsung di Makassar. Sop konro merupakan sop iga sapi khas Bugis dan Makassar.

Konro dalam bahasa Makassar artinya tulang iga, konro aslinya di masak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah, tetapi sekarang terdapat variasi kering yang disebut konro bakar yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro.

Karebosi ini merupakan pelopor pertama yang membuat menu konro bakar. Nama karebosi sendiri diambil dari nama alun-alun kota Makassar, tempat di mana dulu pertama kali warung sop konro ini berdiri.

Kini warung sop konro ini bergeser tak jauh dari Lapangan Karebosi. Usaha ini dirintis oleh haji hanaping sejak tahun 1968. Restoran ini sudah dikelola oleh tiga generasi pada generasi kedua mulai menjual konro bakar.

Menu berbumbu kaya rempah ini tak hanya moncer di kota aslinya, di Jakarta di di kawasan Kelapa Gading tercatat sebagai cabang sop konro Karebosi. Tempat ini pun ramai dikunjungi para pemburu kuliner yang mengidolakan sop konro.

Alamat :

Jl. Gn. Lompobattang No.41-43, Pisang Utara, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x