Kompas TV kuliner cerita rasa

Spaghetti Dari Aceh, Mie Caluek Namanya!

Kompas.tv - 21 April 2020, 10:56 WIB
Penulis : Aryo bimo

ACEH, KOMPAS.TV - Benu melanjutkan perjalanan kulinernya di Aceh dengan mengunjungi pasar tradisional Kembang Tanjong yang terletak di Kabupaten Pidie. Benu mengunjungi tempat ini tepat di hari Kamis dimana pasar sedang ramai oleh pedagang. Kali ini Benu ditemani oleh bapak Jamaluddin selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Makanan favorit yang akan dicoba adalah mie caluek, sejenis mie yang terbuat dari campuran mie lidi yang bertekstur lebih tebal dari mie Aceh biasa dan bihun. Mie caluek berasal dari kata caluek yang artinya comot dalam bahasa Aceh. Mie caluek banyak dijajakan di seluruh pasar tradisional di daerah Pidie.

Mie caluek disajikan di atas lembaran daun pisang dan disiram dengan kuah kacang kental yang memiliki rasa manis dan pedas. Untuk pilihan lauknya terdapat olahan tahu, tempe, kacang merah masak rendang, sayur tauge dan kerupuk merah. 

Mie caluek merupakan perpaduan kuliner antara budaya Cina dan India. Pengaruh Cina terlihat dari penggunaan mie, dan pengaruh India terasa dari bumbu-bumbu yang digunakan.

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x