Kompas TV kuliner cerita rasa

Mau Tau, Sate Khas Betawi? Ini ada Sate Buatan Betawi Asli

Kompas.tv - 23 April 2020, 11:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jika kita berbicara kuliner khas Betawi biasanya yang kita kenal adalah nasi uduk, ketupat sayur atau toge goreng tapi kalau sate?

Ternyata kuliner Betawi juga punya sate khas yakni sate lembut, salah satu Penjual Sate lembut berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat yang menjual sampai lembut di teras rumahnya.

Ini dia Maman suami dari Hj Atika. Hj Atika merupakan anak dari Hj Rohma pemilik resep sate lembut. Sate lembut ini terkenal sejak tahun 1950-an. Setalah Hj Atika meninggal resep sate lembut diturunkan pada anaknya Dina Merlina.

Secara bentuk lembut memang mirip dengan sate lilit tapi sate lembut ini memakai daging sapi cincang tanpa lemak, yang kemudian ditumbuk lagi bersama kelapa sangrai dan bubuk khas sate lembut rahasia keluarga.

Benoe memesan laksa yang berisikan ketupat, bihun, telur, perkedel dan kemangi kemudian disiram kuah laksa dan tabung emping. Untuk sate nya saya pesan sate lembut dan sate asam manis.

Sejak jaman dahulu pelanggan sate lembut biasa menikmati satenya dengan  laksa Betawi. Lanjut sate berikutnya, sate asem manis adalah sate daging sapi yang dimarinasi bumbu asam manis sebelum kemudian dibakar. Karena ini bisnis keluarga yang mengelola pun keluarga dan resepnya masih dijaga turun-temurun jadi rasanya masih otentik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x