Kompas TV kuliner cerita rasa

Mie Aceh Dengan Ikan Tongkol, Mie Ungkot Suree Namanya. Lazis dan Mumtaz!

Kompas.tv - 17 April 2020, 12:06 WIB
Penulis : Aryo bimo

ACEH, KOMPAS.TV - Pesona dan keindahan alam akan memanjakan siapapun yang mengunjungi Aceh. Budaya khas dan Islami serta kuliner yang menggugah selera, menambah daya tarik dari daerah yang disebut Serambi Mekah ini.

Berkunjung ke Aceh kurang lengkap rasanya apabila tidak mencoba mie Aceh. Selain mie Aceh yang sudah kita kenal, masih banyak ragam masakan mie lainnya. 

Kelezatan mie Aceh sudah mampu diterima lidah masyarakat Indonesia pada umumnya. Hidangan kaya rempah dan bercitarasa pedas ini sangat memikat.

Mie Aceh disajikan dengan berbagai bahan pelengkap seperti daging sapi, daging kambing, cumi, udang, kepiting, bahkan lobster. Tampilannya pun beragam mulai dari yang sederhana sampai dengan mewah.

Kali ini Benu berkesempatan mencoba kuliner di Warung Mie Ungkot Suree yang terletak di pesisir pantai Pidie, Aceh. Warung ini selalu dipadati pengunjung karena merupakan warung pertama yang menjual mie suree.

Ungkot Suree dalam bahasa Aceh berarti ikan tongkol. Daging ikan tongkol kemudian di fillet lalu dipotong dadu. Setelah itu potongan ikan tongkol tadi dicuci bersih.

Bahan lain yang dipersiapkan adalah kol, tomat, cabe rawit, dan bawang merah. Bahan-bahan tersebut lalu ditumis dengan potongan ikan tongkol dan dicampur dengan bumbu merah, kecap. 

Selanjutnya dimasukkan mie instan dan bumbunya. Mie suree ini hanya menggunakan mie instan dan tidak menggunakan mie Aceh biasa.

Warung Mie Ungkot Suree terletak di Gampong Ujong Pie, Muara Tiga, Laweung, Kabupaten Pidie, Aceh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x