Kompas TV kuliner cerita rasa

Gulai Legendaris dari Bulungan Tempatnya Anak Muda Nongkrong

Kompas.tv - 1 Maret 2020, 11:30 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jakarta memang kaya akan wisata kuliner. Mulai dari restoran sampai pinggir jalan, banyak makanan enak yang dijajakan. Salah satu kawasan yang patut Anda kunjungi ketika berwisata kuliner adalah Blok M, Jakarta Selatan. Di perempatan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan terdapat sebuah tempat kuliner yang amat tersohor sejak dulu, yaitu gultik. Gultik merupakan singkatan dari gulai tikungan. Dinamakan gulai tikungan karena banyak pedagang gulai yang mangkal di tikungan jalan tersebut.

Porsinya memang tidak banyak, jadi pengunjung diharapkan akan menambah porsinya untuk yang kedua kali, bahkan tidak jarang yang sampai tiga piring. Kerena memang rasanya yang enak dah gurih. Yang menjadikan gultik ini selalu ramai adalah rasa dari gulai itu sendiri. Gulai yang dijual di kawasan ini merupakan gulai sapi. Pedagang menggunakan beberapa bagian sapi seperti urat, tetelan, lemak, hingga jeroan.

Walaupun tergolong kuliner kaki lima, gultik selalu ramai pengunjung. Mulai yang bermobil sampai pejalan kaki pun pernah makan di sini. Sejak tahun 1980-an banyak masyarakat yang menjadikan gulai tikungan ini sebagai destinasi kuliner favorit mereka. Untuk harga seporsi mencapai Rp 10.000 sampai Rp 15.000

Jl. Mahakam No.28, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x