Kompas TV kuliner cerita rasa

Sejarah Kue Jahe Khas Natal yang Disukai Ratu Elizabeth I, Ini Cara Membuatnya

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 14:02 WIB
sejarah-kue-jahe-khas-natal-yang-disukai-ratu-elizabeth-i-ini-cara-membuatnya
Sejarah kue jahe khas Natal yang disukai Ratu Elizabeth I. Begini cara membuat kue jahe. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kue jahe disebut-sebut sudah ada sejak tahun 2400 sebelum Masehi dan menjadi camilan masyarakat Yunani kuno. Kue jahe juga dianggap sebagai kue keberuntungan oleh masyarakat Eropa pada abad ke-11.

Pada saat itu, kue jahe dicetak berbentuk bunga atau bintang yang dibuat oleh para perempuan, kemudian diberikan kepada para laki-laki kesatria yang hendak mengikuti kompetisi atau perang.

Pada abad ke-16, Ratu Elizabeth I di Inggris meminta tukang roti istana untuk membuat kue jahe berbentuk orang. Tapi kue jahe yang diminta sedikit berbeda.

Ratu Elizabeth I ingin kue jahenya dibuat dengan bentuk seperti kue madu yang biasa dimakannya dengan bentuk karakter manusia.

Campuran jahe pada kue kering itu pun disenangi Ratu Elizabeth I dan menjadi kudapan yang disajikan saat perayaan Natal atau pada musim dingin.

Dengan adanya campuran jahe itu pula, kue ini mampu menghangatkan tubuh orang yang memakannya. Oleh karena itu, kue ini selalu tersaji di saat Natal yang bertepatan dengan musim dingin.

Kue ini pun kemudian menjadi hidangan khas Natal di beberapa tempat di Eropa, seperti Jerman, Prancis, Belanda, dan Inggris.

Nah, jika penasaran dengan rasanya, kamu bisa membuat kue jahe di rumah. Berikut resep dan cara membuat kue jahe khas Natal, dilansir dari grid.id.

Baca Juga: 21 Jenis Kue Jelang Perayaan Natal di Manado, dari Fantasi sampai Kering Kacang

Resep Kue Jahe

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • Setengah sendok teh soda kue
  • 150 gram mentega tawar, potong dadu
  • 75 gram gula pasir cokelat (brown sugar)
  • 2 sendok makan madu
  • 1 sdm sirup maple
  • 3 sdt jahe bubuk
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • Cengkih bubuk secukupnya
  • Pala bubuk secukupnya

Alat yang Digunakan:

  • Cetakan berbentuk manusia ukuran sedang
  • Plastik segitiga dengan cetakan bulat ukuran kecil

Cara Membuat Kue Jahe:

  1. Siapkan wadah dan alat pengayak untuk mengayak tepung. Setelah diayak, tambahkan soda kue dan campuran rempah-rempah yang sudah disiapkan.
  2. Sisihkan terlebih dahulu adonan yang sudah diayak.
  3. Lalu, siapkan wajan anti lengket untuk melelehkan mentega. Nyalakan api dengan ukuran kecil saja. Lalu, campurkan juga madu dan sirup maple ke dalamnya. Jika sudah tercampur semua, matikan api dan masukkan ke dalam adonan yang sudah diayak tadi.
  4. Aduk adonan tersebut sampai merata dan jangan lupa untuk menambahkan gula. Jika sudah rata dan adonan menjadi satu, taruhlah ke dalam wadah dan tutupi dengan plastik untuk dimasukkan ke dalam lemari pendingin selama 30 menit.
  5. Sembari menunggu, kamu bisa menyiapkan alat-alatnya dan oven.
  6. Keluarkan adonan dari lemari pendingin dan letakkanlah di permukaan yang bersih, karena kita akan menggiling adonan menjadi pipih untuk dicetak. Gilinglah adonan sampai halus dan mempunyai ketebalan sekitar 0,5 sentimeter.
  7. Jika sudah selesai, kita tinggal mencetak gilingan tersebut menggunakan cetakan berbentuk manusia ukuran sedang. Cetak sampai adonan tidak ada yang tersisa.
  8. Letakkanlah adonan yang sudah tercetak ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti. Lalu, masukkan ke dalam loyang yang sudah dipanaskan. Gunakanlah suhu sebesar 180 derajat Celcius untuk mematangkan kue.
  9. Setelah menunggu selama 10 hingga 15 menit atau sampai berwarna keemasan. Itu berarti kue sudah matang dan siap dikeluarkan dari oven.
  10. Setelah itu teman-teman bisa menunggu dingin dan sembari membuat adonan hiasan.
  11. Adonan hiasan tersebut terbuat dari mentega, gula halus, dan pewarna makanan. Caranya; Aduk sampai adonan tersebut merata dan masukkan ke dalam plastik segitiga yang sudah dipasangi cetakan. Tinggal teman-teman hias sesuai selera kue jahenya.
  12. Kalau sudah selesai dengan hiasannya, kita bisa menyimpannya kembali ke dalam lemari pendingin untuk beberapa saat. Setelah itu, keluarkan dan masukkan ke dalam stoples agar lebih awet.

Itulah sejarah singkat kue jahe khas Natal berikut resep dan cara membuatnya. Selamat mencoba.


 




Sumber : Kompas TV/grid.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x