Kompas TV kuliner cerita rasa

Konon masakan ini merupakan makanan para Raja peninggalan dari Sultan Banten!! Yuk Kita Icip

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 18:30 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Destinasi Benoe yang kedua adalah kuliner legendaris di kota Serang. Konon katanya masakan ini merupakan makanan para Raja peninggalan dari Sultan Banten, dan jadi menu wajib ketika perayaan adat di kota Serang dan sekitarnya yaitu Rabeg.

Rabeg sendiri merupakan kuliner yang diadaptasi dari kuliner Arab yang bahan utamanya terdiri dari daging dan jeroan kambing yang memiliki cita rasa yang kaya, pedas bercampur manis.

Jika dilihat lebih saksama kuliner ini terlihat mirip dengan semur yang bercampur dengan tongseng yang di dalamnya terdapat banyak rempah-rempah seperti jahe, cabai merah, dan lada.

Benoe akan mendatangi warung makan Rabeg Haji Naswi yang sudah ada sejak 1982. Kini warung makan Rabeg ini dikelola oleh anaknya.

Sejarah masakan Rabeg ini tak terlepas dari pengaruh masakan khas Timur Tengah. Hidangan ini mirip dengan gulai namun tak bersantan.

Mirip dengan semur karena pemakaian kecap dan rasanya yang manis namun tak sekental semur. Benoe menyantap Rabeg ditemani Sate Kambing.

Rabeg H. Naswi

Jl. Mayor Safei No.30, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x