Kompas TV kuliner cerita rasa

Saltena, Makanan Mirip Pastel yang Dimakan Dua Lipa

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 06:41 WIB
saltena-makanan-mirip-pastel-yang-dimakan-dua-lipa
ilustrasi saltena, camilan mirip pastel. (Sumber: Wikimedia/Tamorlan via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyanyi asal Inggris, Dua Lipa, mengunggah camilan mirip pastel melalui Instagram pribadinya pada Minggu (8/8/2021).

Foto makanan tersebut mirip pastel dengan kulit tipis dan pinggiran yang dikepang. Kemudian makanan tersebut ramai dibicarakan oleh netizen Indonesia. Namun salah seorang warganet menyebut bahwa itu bukanlah pastel, melainkan Saltena.

 

Apa itu Saltena?

Mengutip Wisegeek, makanan yang digoreng mirip pastel ini berasal dari Bolivia. Dalam bahasa Inggris, Saltena berarti meat pie atau pie daging.

Secara harafiah, Saltena berarti dari Salta, sebuah kota di Argentina Utara. Namun makanan ini sebenarnya berasal dari Bolivia.

Saltena termasuk jenis kue panggang bercita rasa manis dan gurih yang terbuat dari tepung serbaguna, mentega, air, gula, garam dan gelatin.

Baca Juga: Cardi B Posting IG Story Lagi Makan Pastel dan Bihun Goreng, Ini Reaksi Netizen

Saltena umumnya berisi kombinasi bahan makanan seperti daging, kentang, kismis, telur rebus rempah-rempah, zaitun, dan sayuran. Isian kuahnya yang manis dan terkadang pedas yang membedakannya dengan empanada.

Bentuk saltena juga mirip seperti pastel khas Indonesia. Adonan kulit saltena digiling, lalu diisi dan dibentuk dengan menjepit dua sisi kulit yang berhadapan.

Untuk memakannya, Anda hanya perlu menahannya dengan tegak dan menggigit bagian atasnya agar jus atau kuah saltena tak tumpah.

Sayangnya Dua Lipa tak memperlihatkan foto saltena yang dimakannya. Padahal berbeda dengan pastel, jalangkote, dan empanada, saltena punya 'kuah' di dalamnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x