Kompas TV kuliner cerita rasa

Ternyata Begini Bun, Tips Cara Masak Nasi Biar Pulen!

Kompas.tv - 3 Februari 2021, 14:01 WIB
Penulis : Reny Mardika

KOMPAS.TV - Tidak ada yang salah dengan nasi pera dan nasi pulen, masing-masing punya daya tarik sendiri bagi pecintanya. 

Nasi pulen identik dengan rasa yang lembut dan nikmat apalagi disantap sangat hangat walau hanya lauk yang sederhana. Sayangnya, bagi sebagian orang masih kesulitan untuk mendapatkan tekstur nasi yang pulen. 

Apalagi kalau nasi yang sudah matang ternyata nasi yang dihasilkan masih pera alias kurang air. Nah, kalau begini jangan dibuang ya Sahabat KompasTV. Karena masih bisa dimasak lagi hingga jadi pulen.

Caranya ialah jika Sahabat KompasTV memasak menggunakan rice cooker, maka bisa tambahkan air panas lalu kembali tekan tombol Cooking untuk memasak, tunggu hingga matang. 

Namun jika memasak menggunakan dandang, cukup kukus nasi lebih lama lagi sampai benar-benar matang. Pastikan aduk nasi setelah matang, karena nasi yang baru matang masih menyimpan uap panas. Jika tidak diaduk, uap tersebut akan mengendap di dalam nasi. Sehinggal hal inilah yang menyebabkan nasi berair dan mudah basi.

Nah, lalu bagaimana membuat nasi menjadi pulen? Berikut tipsnya!

Memasak Nasi Menggunakan Dandang

  1.  Masukkan beras ke dalam air mendidih, pastikan air sudah sesuai takaran
  2. Tambahkan perasan 1/2 buah jeruk nipis. Ini berfungsi untuk membuat nasi tidak cepat berair dan basi, serta bisa membuat nasi menjadi lebih mengkilap
  3. Kukus setelah nasi aron dingin. Menunggu uap nasi aron hilang baru dikukus bisa membuat tekstur nasi jadi pulen 
  4. Tambahkan daun pandan atau pisang untuk membuat aroma nasi menjadi harum
  5. Kukus nasi selama 30-40 menit

Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker

  1. Masukkan air mendidih ke dalam rice cooker. Hal ini membuat beras menjadi lebih cepat matang karena tak perlu lagi proses pemanasan air ketika di dalam rice cooker
  2. Tekan tombol cooking dan tunggu hingga matang

Memasak Nasi Merah Menggunakan Rice Cooker dan Dandang

  1. Perbandingan air harus lebih banyak daripada beras. Misalnya satu gelas beras dengan tiga gelar air
  2. Selain itu, mencampurkan beras merah dan beras putih dengan perbandingan 2:1. Sementara untuk takaran airnya disesuaikan dengan banyaknya beras yang digunakan. Jika lebih banyak menggunakan beras merah, maka air yang dibutuhkan juga lebih banyak.
  3. Biarkan nasi merah tetap hangat. Jika Anda memasak nasi merah dengan cara dikukus, segera pindahkan ke dalam rice cooker dengan mode warm. Karena nasi merah akan mengeras jika berada di suhu ruangan.

Untuk lebih jelas tutorialnya, simak videonya ya!




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x