Kompas TV kuliner cerita rasa

Parade Mie Nusantara - Mie Celor Palembang

Kompas.tv - 1 Desember 2020, 19:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Palembang memiliki mie yang terkenal di sana terdapat sajian mie yang cukup populer yaitu mie celor berupa mie dengan kuah kaldu udang bersantan. 

Kata telur merupakan bahasa Palembangnya berarti dicelup celupkan. Seperti namanya proses penyajian mie ini memang melalui proses penyelupan ke air mendidih terlebih dahulu supaya teksturnya lebih lembut saat disajikan bersama kuah.

Mie Celor ini mengingatkan saya pada sajian khas mie Cirebon Jawa Barat yaitu mie koclok. Namun perbedaannya jika mie celor dominan aroma udang mie koclok lebih kuat Cita Rasa ayamnya.

Mie koclok Cirebon disajikan dengan siraman kuah putih kental irisan daun bawang, kol, taoge, telur rebus, dan suwiran daging ayam. 

Bergeser ke Bandung, Kota Kembang punya mie kocok mie kuning disajikan bersama kuah bening dengan isian olahan kaki sapi yang melimpah yakni kikil, dengkul, dan sumsum. 

Dinamakan mie kocok karena proses mencelup celupkan mie dan tauge dalam kuah panas yang terlihat seperti dikocok-kocok. Proses ini dilakukan selama 5 menit agar mie dan taugenya matang merata. 

Mie Kocok Mang Dadeng yang saya datangi bisa dibilang legendaris udah buka sejak tahun 1953 dan selalu ramai dipadati pengunjung. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x