Kompas TV STAND UP COMEDY stand up comedy indonesia

Tidak Buta dari Lahir, Ini Cerita Budi Tentang Penyakit Mata yang Dideritanya

Kompas.tv - 15 November 2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Budi, menjadi satu-satunya komika yang memiliki keterbatasan fisik di SUCI X. Sebelumnya, Budi juga mengikuti kompetisi SUCI Liga Komunitas dan menjadi salah satu perwakilan dari Samarinda, hingga akhirnya berhasil meraih juara 1. 

Sudah berdamai dengan keadaan, dari awal kompetisi di SUCI Liga Komunitas hingga SUCI X, Budi selalu membawakan materi yang berhubungan dengan kondisi fisiknya. Stand Up Budi yang membawakan sudut pandang sebagai orang tunanetra pun mampu membuat penonton hingga juri tertawa. 

Ternyata, kebutaan yang ada pada Budi bukanlah penyakit yang dideritanya sejak bayi. Budi mengalami kebutaan di umur 19 tahun karena menderita penyakit mata yang bernama Retinitis Pigmentosa. 

Retinitis Pigmentosa sendiri merupakan penyakit genetis bawaan pada mata yang menyebabkan penderitanya mengalami gangguan penglihatan yang berkembang secara bertahap, sehingga berakibat pada hilangnya penglihatan atau kebutaan. 

Di beberapa materi stand up-nya, Budi sempat mengatakan bahwa ia tidak mengetahui wujud fisik komedian saat ini seperti apa. Salah satu komedian yang ia ketahui wujud fisiknya adalah Abdel Achrian, karena ia sering menonton serial Abdel & Temon ketika kondisi matanya masih normal.

Yang dialami Budi tidaklah mudah, namun kini Budi telah menjadi seorang komika yang dikenal melalui kompetisi SUCI X. Sayangnya, Budi belum berhasil meraih juara 1 SUCI X, dan close mic di 7 besar. 

Follow dan subscribe:

Instagram: @sucikompastv
Twitter: @StandUpKompasTV
TikTok: @suci_kompastv
Facebook: @standupkompastv
YouTube: Stand Up Kompas TV
Website: suci.kompas.tv




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x