Kompas TV video sinau

Manfaat Teknologi Virtual Reality, dari Main Game hingga Bantu Tenaga Medis

Kompas.tv - 24 April 2021, 16:42 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Virtual Reality (VR) adalah simulasi yang dihasilkan komputer di mana seseorang dapat berinteraksi dalam lingkungan tiga dimensi buatan menggunakan perangkat elektronik.

Simulasi ini bisa mirip seperti dunia nyata, seperti suasana saat berjalan-jalan di sebuah kota di luar negeri.

VR membawa pemandangan, suara, dan sensasi lainnya lewat perangkat seperti kacamata, headset, dan perangkat sensor seperti sarung tangan ataupun controller.

Selain VR, ada juga Augmented Reality (AR). Meski hampir serupa, keduanya memiliki perbedaan.

Augmented Reality mensimulasikan objek buatan di lingkungan nyata. Sedangkan Virtual Reality menciptakan lingkungan buatan yang bisa dihuni.

Apa saja manfaat Virtual Reality (VR)?

1. Untuk Visualisasi Data

VR mempermudah visualisasi data ilmiah dan teknik. VR juga turut membantu visualisasi produk, molekuler, arsitektur, hingga model cuaca.

Dengan VR juga sebuah bisnis bisa mempromosikan barang display atau pajangan melalui pameran virtual.

2. Sebagai Hiburan

Banyak pameran seni dan game yang bertambah seru jika dimainkan dengan VR karena orang-orang bisa merasakan visual dan pengalaman dari kesenian ataupun game secara langsung dan nyata.

3. Bidang Transportasi

VR juga bisa berfungsi sebagai latihan simulasi mengemudi, di mana bisa menghemat bahan bakar dan mencegah terjadinya kecelakaan dalam pelatihan sang pengendara.

Contohnya dalam program pelatihan penerbangan. Seorang pilot dapat menggunakan kokpit realistis dengan teknologi VR dalam program pelatihan yang menggabungkan penerbangan virtual dan instruksi langsung.

4. Membantu Tenaga Medis

Ahli bedah dapat berlatih dengan alat dan pasien virtual, dan menggunakan keterampilan virtual mereka ke ruang operasi.

Penelitian menunjukkan bahwa pelatihan semacam ini menghasilkan metode penyembuhan yang lebih cepat dan meminimalisasi kesalahan.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.