Kompas TV video cerita indonesia

Jaga Hutan dan Lingkungan dengan Sekolah Adat

Kompas.tv - 7 Januari 2021, 19:25 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

KALIMANTAN BARAT, KOMPAS.TV - Sekelompok anak muda di Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak memberikan pendidikan kepada anak-anak melalui sekolah adat.

Selain mengajarkan budaya, mereka juga menanamkan pengetahuan untuk menjaga hutan dan lingkungan.

Diiringi instrumen musik khas Suku Dayak, para gadis-gadis Suku Dayak Kanayatn ini menari mengikuti alunan irama. Sesekali mereka mengulang gerakan sambil bersenda gurau untuk menyelaraskan pola gerak dan irama yang ada.

Mereka sedang belajar menari tarian penyambutan yang biasa digunakan berbagai kegiatan kunjungan.

Belajar tari serta musik tradisional khas Suku Dayak ini merupakan bagian dari pendidikan yang diberikan anak-anak muda di Kecamatan Menjalin sebagai bagian dari sekolah adat yakni sekolah adat Samabue.

sekolah adat ini merupakan bagian dari lembaga aliansi masyarakat adat nusantara atau aman.

Kelas yang diberikan yaitu menari, musik tradisional, meramu obat tradisional, makanan tradisional, hingga cerita rakyat.

Sekolah adat Samabue telah dibentuk sejak tahun 2016 di Kecamatan Menjalin dengan tiga komunitas di tersebar di tiga desa. Dari tiga komunitas tercatat setidaknya lebih dari 100 orang siswa. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.