Kompas TV internasional kompas dunia

Singapura dan Thailand Ikut Menikmati Gerhana Matahari Cincin

Kompas.tv - 27 Desember 2019, 07:30 WIB
Penulis : Dea Davina

Singapura menjadi salah satu negara yang merasakan gerhana matahari cincin. Fenomena ini terjadi pukul 11.30 sampai 15.20 waktu setempat, dengan puncaknya terjadi pukul 13.22 hingga 13.24 waktu Singapura.

Warga Singapura berkumpul untuk menikmati gerhana matahari cincin. Wilayah selatan singapura menjadi tempat yang paling jelas untuk menyaksikan gerhana. Saat gerhana terjadi, bulan akan menutupi sekitar 94 persen dari permukaan matahari. Hal ini akan meninggalkan cahaya di tepian matahari yang menyerupai cincin.

Uniknya, Singapura perlu 20 tahun lamanya untuk kembali "gelap" karena gerhana matahari ini. Maka banyak anak muda berkumpul untuk menikmati fenomena alam yang terjadi ini.
Selain di Singapura, fenomena alam ini juga terlihat di Bangkok, Thailand. Namun, warga Thailand hanya mendapatkan gerhana matahari sebagian.

Walaupun hanya sebagian, ini tidak menyurutkan antusiasme warga. Mereka berbondong-bondong ke sekolah dan observatorium yang telah disediakan untuk melihat gerhana matahari terakhir tahun ini.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x