Kompas TV internasional kompas dunia

Macron Kunjungan Kenegaraan ke Jerman, Pertama dalam 24 Tahun Terakhir Hubungan Kedua Negara

Kompas.tv - 27 Mei 2024, 14:38 WIB
macron-kunjungan-kenegaraan-ke-jerman-pertama-dalam-24-tahun-terakhir-hubungan-kedua-negara
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, kanan, dan Presiden Prancis Emmanuel pada konferensi pers di Bellevue Place di Berlin, Jerman, Minggu, 26 Mei 2024. Presiden Prancis Emmanuel Macron hari Minggu, 26/5/2024, memulai kunjungan kenegaraan pertama oleh presiden Prancis ke Jerman dalam 24 tahun terakhir. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

BERLIN, KOMPAS TV - Presiden Prancis Emmanuel Macron hari Minggu, (26/5/2024) memulai kunjungan kenegaraan ke Jerman. Kunjungan ini yang pertama  dalam 24 tahun terakhir hubungan kedua negara.

Kunjungan tiga hari ini bertujuan menegaskan hubungan kuat kekuatan tradisional utama Uni Eropa menjelang pemilihan Parlemen Eropa, di mana partai sayap kanan di kedua negara berharap meraih keuntungan.

Kunjungan ini seharusnya terjadi pada Juli lalu, namun ditunda karena kerusuhan di Prancis setelah seorang remaja berusia 17 tahun tewas ditembak polisi.

Meskipun Macron sering mengunjungi Jerman untuk menyelaraskan posisi Paris dan Berlin dalam kebijakan Uni Eropa dan luar negeri, ini adalah kunjungan kenegaraan pertama dengan segala kemegahannya sejak Jacques Chirac pada tahun 2000. Macron dan istrinya, Brigitte, dijamu oleh Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier.

Steinmeier menyatakan kunjungan Macron adalah “bukti dari kedalaman persahabatan antara Prancis dan Jerman” saat Jerman merayakan 75 tahun konstitusi pasca-Perang Dunia II dan akan memperingati 35 tahun jatuhnya Tembok Berlin pada bulan November.

Steinmeier mengadakan jamuan kenegaraan untuk Macron di istana Bellevue di Berlin hari Minggu malam sebelum kedua presiden pergi ke kota timur Dresden pada Senin, di mana Macron akan berpidato, dan pada Selasa ke Muenster di Jerman barat.

Kunjungan kenegaraan ini akan diakhiri pada Selasa dengan pertemuan antara Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan para menteri dari kedua negara di rumah tamu pemerintah di luar Berlin.

Baca Juga: Jubir Kanselir Pastikan Jerman akan Tangkap Netanyahu jika ICC Terbitkan Surat Perintah Penangkapan

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, kanan, dan Presiden Prancis Emmanuel pada konferensi pers di Bellevue Place di Berlin, Jerman, Minggu, 26 Mei 2024. Presiden Prancis Emmanuel Macron hari Minggu, 26/5/2024, memulai kunjungan kenegaraan pertama oleh presiden Prancis ke Jerman dalam 24 tahun terakhir. (Sumber: AP Photo)

Jerman dan Prancis, yang memiliki ekonomi terbesar di Uni Eropa, telah lama dianggap sebagai motor integrasi Eropa, meskipun sering terdapat perbedaan kebijakan dan penekanan di antara kedua negara.

Hal ini terlihat awal tahun ini dalam perbedaan posisi apakah negara-negara Barat harus mengesampingkan pengiriman pasukan darat ke Ukraina. Kedua negara adalah pendukung kuat Kyiv.

Macron pada Minggu mengatakan bahwa sering kali ada pembicaraan tentang masalah dalam hubungan Prancis-Jerman selama beberapa dekade, namun Prancis dan Jerman bersama-sama telah mencapai hal-hal luar biasa, mereka berada di jantung Eropa ini. Dia membandingkan hal ini dengan sejarah perang antara kedua negara hingga tahun 1945.

Dia memperingatkan Eropa bisa “mati” jika gagal membangun pertahanan yang kuat sendiri saat perang Rusia di Ukraina terus berlanjut, atau jika gagal melakukan reformasi perdagangan dan ekonomi besar untuk bersaing dengan China dan AS.

Menjelang pemilihan Parlemen Eropa bulan depan, Macron mengatakan bahwa “ketakutan akan dunia yang berubah” memicu peningkatan sayap kanan di Eropa.

“Ketika kita membiarkan ketakutan ini berubah menjadi kemarahan, itu memicu ekstremisme,” katanya, menyerukan “rasa hormat” dalam mendengarkan kekhawatiran orang dan “efisiensi” yang lebih besar dalam menangani masalah mereka.


 



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x