Kompas TV internasional kompas dunia

Perayaan Hari Raya Waisak: Tradisi dan Devosi di Sri Lanka, Thailand, dan Nepal

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 13:25 WIB
perayaan-hari-raya-waisak-tradisi-dan-devosi-di-sri-lanka-thailand-dan-nepal
Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, InJourney, mengajak masyarakat turut serta menyaksikan detik-detik Waisak 2568 BE di Candi Borobudur pada Kamis (23/5/2024). (Sumber: InJourney)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

KOMPAS.TV - Hari Raya Waisak, yang juga dikenal sebagai Vesak, menjadi momen yang sangat dihormati bagi umat Buddha di seluruh dunia.

Pada hari ini, Kamis (24/5/2024), umat Buddha merayakan kelahiran, pencerahan, dan mahaparinirvana Siddhartha Gautama Buddha dengan khidmat dan kekaguman. 

Selama perayaan Waisak, umat Buddha melakukan berbagai kegiatan, termasuk pergi ke kuil untuk bersembahyang, mendengarkan ceramah agama, melakukan meditasi, memberi makan kepada orang yang membutuhkan, serta menghias dan membersihkan kuil dan lingkungan sekitarnya.

Beberapa umat Buddha juga mengadakan prosesi obor untuk memperingati kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Sang Buddha.

Di tiga negara, yaitu Sri Lanka, Thailand, dan Nepal, perayaan Hari Waisak dirayakan dengan beragam tradisi yang kaya akan budaya dan spiritualitas.

Sri Lanka

Hari Raya Waisak, yang disebut Vesak Full Moon Poya Day, bukan hanya menjadi hari libur nasional tetapi juga menjadi momen sakral bagi masyarakat Sri Lanka. 

Di tengah kekhidmatan, umat Buddha mengunjungi kuil-kuil untuk menyalakan lampu minyak, mempersembahkan bunga, serta bermeditasi dan berdoa. 

Tidak hanya itu, dilansir dari Daily Mirror Sri Lanka, praktik "sil" juga menjadi bagian penting dari perayaan, di mana orang-orang mengikuti Delapan Aturan untuk menghindari tindakan berbahaya dan mengembangkan kesadaran diri.

Komunitas pun berbondong-bondong berkumpul untuk membuat lentera Waisak yang rumit, menghiasi jalanan dengan warna-warni cerah, dan mendirikan posko makanan gratis, dikenal sebagai "dansalas", untuk menawarkan makanan dan minuman kepada semua orang. 

Semua ini tidak hanya menjadi bagian dari perayaan, tetapi juga menjadi momen refleksi dan perbuatan baik bagi masyarakat Sri Lanka.

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak: Semoga Kebahagiaan, Kedamaian Menyertai Kita Semua

Thailand



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x