Kompas TV internasional kompas dunia

Ukraina Serang Rusia dengan Rudal, Runtuhkan Apartemen dan Tewaskan 15 Orang

Kompas.tv - 13 Mei 2024, 11:17 WIB
ukraina-serang-rusia-dengan-rudal-runtuhkan-apartemen-dan-tewaskan-15-orang
Blok apartemen yang sebagian runtuh setelah serangan rudal oleh Angkatan Bersenjata Ukraina di kota Belgorod, Rusia, hari Minggu, (13/5/2024). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

BELGOROD, KOMPAS.TV - Sebuah apartemen di kota Belgorod, daerah Rusia yang berbatasan dengan Ukraina, rusak parah akibat serangan udara pada Minggu (12/5/2024). Setidaknya 15 orang tewas akibat serangan ini.

Otoritas Rusia menyebut apartemen itu diserang dengan rudal Tochka-U TRC Ukraina. Akibatnya, sebagian gedung apartemen runtuh.

Baca Juga: Rusia Makin Gencar Bombardir Kawasan Kharkiv, Ribuan Warga Ukraina Menyingkir

"Petugas menemukan jenazah lain. Secara keseluruhan, 15 jenazah telah ditemukan di reruntuhan," demikian keterangan Kementerian Kegawatdaruratan Rusia via TASS, Senin (13/5).

Alarm serangan udara dilaporkan masih menyala di seantero Belgorod saat petugas mencari korban di apartemen.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa apartemen tersebut terkena fragmen rudal Ukraina yang disergap sistem pertahanan udara Rusia. Militer Rusia juga disebut menjatuhkan sejumlah roket dan dua drone Ukraina di Belgorod.

Sementara itu, Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov menyebut kota itu juga diserang Ukraina pada Sabtu (11/5) malam. Serangan ini dilaporkan menewaskan satu orang dan menimbulkan 29 korban luka.

Daerah barat Rusia yang berbatasan dengan Ukraina kerap diserang drone Kiev sejak Mei 2023. Otoritas Ukraina sendiri tidak pernah mengakui serangan ke wilayah Rusia atau Semenanjung Rusia.

Belgorod diketahui menjadi daerah yang paling sering diserang Ukraina. Pada Desember 2023 lalu, serangan udara di Belgorod menewaskan 25 orang dan membuat pemerintah daerah membangun tempat-tempat perlindungan untuk umum.

Baca Juga: Rusia Klaim Rebut 5 Desa di Timur Laut Ukraina, Maju Menggempur Kota Vovchansk




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x