Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Tetapkan Idulfitri pada 10 April 2024, Bagaimana di Negara-Negara Lain?

Kompas.tv - 9 April 2024, 14:09 WIB
arab-saudi-tetapkan-idulfitri-pada-10-april-2024-bagaimana-di-negara-negara-lain
Arab Saudi menetapkan Hari Raya Idulfitri 1445 H atau Lebaran 2024 jatuh pada Rabu (10/4/2024). (Sumber: spa.gov.sa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

RIYADH, KOMPAS.TV - Arab Saudi menetapkan Hari Raya Idulfitri 1445 H atau Lebaran 2024 jatuh pada Rabu (10/4/2024).

Pengumuman penetapan 1 Syawal ini dirilis pada Senin (8/4/2024) oleh pihak Mahkamah Agung Arab Saudi yang mengatakan bahwa bulan sabit Syawal tidak terlihat pada Senin malam, Ramadan 29. 

Maka dari itu, Selasa akan menjadi hari terakhir dari bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri dirayakan pada Rabu, 10 April 2024. 

"Mahkamah Agung menetapkan besok (9 April) adalah hari terakhir Ramadan dan Rabu (10 April) sebagai hari pertama Idulfitri," kata Mahkamah Agung Arab Ssudi dilansir dari Saudi Press Agency.

Menurut petunjuk Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Arab Saudi, Sheikh Abdullatif Al-Asheik, Salat Id akan diadakan di seluruh Kerajaan pada Rabu, segera setelah matahari terbit.

Sheikh Abdullah memerintahkan agar Salat Id dilakukan 15 menit setelah matahari terbit, sesuai dengan kalender Umm Al-Qura. Salat akan diadakan di tempat-tempat salat terbuka yang telah ditentukan dan di masjid-masjid, kecuali yang berdekatan dengan tempat salat terbuka.

Selain itu, persiapan telah dilakukan untuk memastikan kenyamanan jemaah dalam melaksanakan ibadah, dengan pengaturan untuk pemeliharaan, pembersihan, dan operasi di tempat-tempat salat dan masjid.

Lantas bagaimana penetapan Idulfitri di Negara-Negara lain?

Baca Juga: Jam Berapa Sidang Isbat Penetapan Idulfitri 2024 Hari Ini? Simak Tahapan dan Lokasinya

Hari Raya Idulfitri di Negara Lain

Selain Arab Saudi, dikutip dari Roya News, negara Timur Tengah lain yaitu Kuwait, Qatar, Bahrain, Irak, Palestina, Suriah, Mesir, Lebanon, Yaman, dan Uni Emirat Arab telah mengumumkan bahwa Selasa 9 April akan menjadi penutupan bulan Ramadan yang diberkati.

Dengan begitu, pada Rabu 10 April akan menjadi hari pertama bulan Syawal atau Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Saat ini, berbagai negara sedang mengamati hilal untuk bulan Syawal, dan sejumlah negara memilih untuk melihatnya pada hari Senin dan yang lain pada hari Selasa. Waktu untuk melihat hilal bervariasi dari negara ke negara berdasarkan jadwal berpuasa mereka. 

Banyak negara menetapkan 8 April untuk pengamatan, termasuk Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, Yaman, Irak, Bahrain, Palestina, Suriah, Lebanon, Mesir, Aljazair, Tunisia, Somalia, Djibouti, dan beberapa negara Islam dan internasional lainnya.

Sementara di Indonesia, Hari Raya Idulfitri 1445 H atau Lebaran 2024 akan ditetapkan setelah pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat pada Selasa (9/4/2024) petang.

Dalam sidang isbat tersebut, akan ditetapkan apakah Hari Raya Idulfitri jatuh pada hari Rabu 10 April atau tidak. 

Baca Juga: Sidang Isbat Digelar Hari Ini, Berikut 120 Titik Lokasi Pemantauan Hilal di Seluruh Indonesia


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x