Kompas TV internasional kompas dunia

Presenter TV Iran Ditusuk, Stasiun TV-nya Disebut Organisasi Teroris oleh Pemerintah Iran

Kompas.tv - 30 Maret 2024, 14:05 WIB
presenter-tv-iran-ditusuk-stasiun-tv-nya-disebut-organisasi-teroris-oleh-pemerintah-iran
Penyiar TV Iran International Pouria Zeraati ditusuk di depan rumahnya, Jumat (29/3/2024). (Sumber: Iran Internasional Via BBC)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV - Seorang presenter TV Iran ditusuk di depan rumahnya di London Inggris, dan dilaporkan pelakunya berkelompok.

Presenter TV Iran International yang berbasis di London, Pouria Zeraati, 36 tahun dikenal saat meliput secara mendalam demonstrasi anti-pemerintah Iran pada 2022.

Stasiun TV-nya sendiri disebut sebagai organsiasi teroris oleh Pemerintah Iran.

Baca Juga: Remaja 15 Tahun Selamatkan Banyak Orang Saat Serangan Teroris di Moskow, Ini Sosoknya

Kepolisian Metropolitan London mengatakan petugas kontra-terorisme memimpin investigasi penusukan yang terjadi Jumat (29/3/2024) tersebut.

Dikutip dari BBC, Sabtu (30/3/2024), pihak kepolisian mengatakan korban sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit dan kondisinya sudah stabil.

Kepala Unit Komando Unit Kontra-Terorisme Metropolitan, Komandan Dominic Murphy, mengatakan peugas tetap terbuka atas berbagai motivasi di belakang serangan itu.

Kepolisian Metropolitan mengatakan petugas kontra-terorisme telah ditugaskan karena pekerjaan korban sebagai jurnalis organisasi media berbahasa Persia yang bermarkas di Inggris.

Mereka menambahkan, hal ini ditambah dengan fakta bahwa ada sejumlah ancaman yang ditujukan terhadap kelompok jurnalis.

Murphy mengatakan patroli tambahan dikirim ke daerah serangan di London selatan, dan lokasi lain di sekitar London, sebagai tindakan pencegahan,.

Ia mengungkapkan saat ini belum ada penangkapan yang dilakukan.

Nyaris 18 bulan lalu, Iran International menjadi salah satu berita penyiaran utama yang meliput gelombang anti-pemerintah di Iran.

Pada 2022, dua jurnalis Inggris-Iran dari saluran channel itu telah diperingatkan oleh polisi adanya kemungkinan nyawa mereka terancam.

Baca Juga: Biden Jadi Sasaran Amuk Senator AS akibat Setujui Lebih Banyak Pengiriman Senjata ke Israel

Polisi bersenjata ditempatkan di dekat studio stasiun TV tersebut, dan penghalang beton dipasang di luar gedung.

Pada saat yang sama di Teheran, Menteri Intelijen Iran Ismail Khatib mengumumkan Iran International telah dinyatakan sebagai organisasi teroris oleh rezimnya.

Iran International dituduh oleh pemerintah menghasut kerusuhan yang memprotes rezim.



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x