Kompas TV internasional kompas dunia

Otoritas Palestina Umumkan Kabinet Baru di Tengah Desakan Reformasi, Hamas Menolak

Kompas.tv - 29 Maret 2024, 03:05 WIB
otoritas-palestina-umumkan-kabinet-baru-di-tengah-desakan-reformasi-hamas-menolak
Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas. Otoritas Palestina hari Kamis (28/3/2024), mengumumkan pembentukan kabinet baru di tengah tekanan internasional untuk melakukan reformasi. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

RAMALLAH, KOMPAS.TV - Otoritas Palestina mengumumkan pembentukan Kabinet baru di tengah tekanan internasional untuk melakukan reformasi, Kamis (28/3/2024).

Presiden Mahmoud Abbas, yang telah memimpin Otoritas Palestina selama hampir dua dekade dan tetap mengendalikan secara keseluruhan, mengumumkan pemerintahan baru dalam sebuah dekret presiden. Tidak ada dari menteri yang baru ditunjuk adalah tokoh yang terkenal.

Abbas menunjuk Mohammad Mustafa, seorang penasihat senior sebagai perdana menteri pada awal bulan ini.

Mustafa adalah ekonom yang independen secara politik dan berpendidikan di Amerika Serikat (AS), berjanji membentuk pemerintahan teknokratik dan membuat dana amanah independen untuk membantu membangun kembali Gaza. Mustafa juga akan menjabat sebagai menteri luar negeri.

Menteri Dalam Negeri Ziad Hab al-Rih adalah anggota dari gerakan sekuler Abbas, Fatah, dan menjabat di portofolio yang sama dalam pemerintahan sebelumnya.

Kementerian Dalam Negeri mengawasi kekuatan keamanan. Menteri baru untuk urusan Yerusalem, Ashraf al-Awar, mendaftar sebagai kandidat Fatah dalam pemilihan 2021 yang ditunda tanpa batas waktu.

Setidaknya lima dari 23 menteri baru berasal dari Gaza, tetapi tidak segera jelas apakah mereka masih berada di wilayah tersebut.

Otoritas Palestina mengelola sebagian dari Tepi Barat yang diduduki Israel. Pasukannya dipaksa keluar dari Gaza ketika Hamas merebut kekuasaan tahun 2007, dan tidak memiliki kekuatan di sana.

Baca Juga: Israel Tak Pedulikan Resolusi DK PBB, Netanyahu: Kemenangan di Gaza akan Dicapai Beberapa Pekan Lagi

Pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar, April 2022. Otoritas Palestina hari Kamis, 28/3/2024, mengumumkan pembentukan Kabinet baru di tengah tekanan internasional untuk melakukan reformasi, Hamas menolak dan menganggapnya tidak sah, meminta semua faksi Palestina, termasuk Fatah, membentuk pemerintahan bersama menjelang pemilihan umum. (Sumber: AP Photo)

Pemerintah Palestina hanya punya sedikit dukungan atau legitimasi di kalangan warga Palestina, sebagian karena tidak mengadakan pemilihan dalam 18 tahun terakhir. Kebijakannya untuk bekerja sama dengan Israel dalam hal keamanan sangat tidak populer dan membuat banyak warga Palestina melihatnya sebagai subkontraktor dari pendudukan.

Survei pendapat dalam beberapa tahun terakhir secara konsisten menemukan bahwa mayoritas besar warga Palestina menginginkan Abbas yang berusia 88 tahun untuk mundur.

AS telah meminta Otoritas Palestina yang diperbarui untuk mengelola Gaza pasca-perang sebagai persiapan menuju kemerdekaan Palestina.

Israel menolak ide tersebut, mengatakan akan mempertahankan kontrol keamanan Gaza secara tidak terbatas dan bermitra dengan warga Palestina yang tidak berafiliasi dengan Otoritas Palestina atau Hamas. Belum jelas siapa di Gaza yang bersedia mengambil peran semacam itu.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, mengatakan masih terlalu dini untuk membuat penilaian luas tentang kabinet baru dan apakah akan memberlakukan reformasi yang "kredibel dan luas" yang diminta pemerintah Biden.

Hamas menolak pembentukan pemerintahan baru dan menganggapnya tidak sah, meminta semua faksi Palestina, termasuk Fatah, untuk membentuk pemerintahan bersama menjelang pemilihan umum.

Hamas juga memperingatkan warga Palestina di Gaza untuk tidak bekerja sama dengan Israel dalam mengelola wilayah tersebut. Hamas mengatakan bahwa siapa pun yang melakukannya akan diperlakukan sebagai kolaborator, yang dipahami sebagai ancaman kematian.


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x