Kompas TV internasional kompas dunia

Ketegangan di Perairan Laut China Selatan: Perselisihan Antara Taiwan dan China

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 23:13 WIB
ketegangan-di-perairan-laut-china-selatan-perselisihan-antara-taiwan-dan-china
Dalam foto yang disediakan Penjaga Pantai Filipina ini tampak sebuah kapal Penjaga Pantai China menggunakan meriam air terhadap sebuah perahu pengangkut pasokan yang dioperasikan Angkatan Laut Filipina, M/L Kalayaan, saat mendekati Second Thomas Shoal atau di Filipina dikenal dengan Ayungin Shoal, di perairan Laut China Selatan yang disengketakan, pada Minggu, 10 Desember 2023. (Sumber: Penjaga Pantai Filipina via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

BEIJING, KOMPAS.TV - Kapten kapal asal Taiwan, Lu Wen-shiung, mengenang masa lalu di tengah perairan tenang Laut Cina Selatan, ketika nelayan China dan Taiwan biasa bertemu di balik tanjung batu, mengaitkan perahu mereka di luar jangkauan otoritas, untuk berbagi makanan. 

Saat itu, pengawasan lebih sedikit, dan kedua belah pihak lebih ramah, memancing di perairan yang sama, kadang-kadang menjual barang secara diam-diam.

“Kami seperti saudara, kami memiliki hubungan yang baik, mereka bahkan akan memasak untuk kami,” katanya. "Tapi ... sekarang kontrol telah menjadi lebih ketat, penjaga pantai [China] akan menelepon saya jika perahu terlalu dekat."

Sekarang sebagai kapten perahu wisata, Lu mengatakan jika dia bahkan mendekati garis air yang dilarang – batas laut de facto dengan China – dia akan segera mendapat peringatan melalui radio dari penjaga pantai.

Lu dan perahunya sedang melakukan perjalanan melintasi perairan sibuk yang mengelilingi Kabupaten Kinmen, sebuah kepulauan yang dikuasai oleh Taiwan tetapi hanya beberapa kilometer dari China.

Pemerintah Partai Komunis China mengeklaim Taiwan (termasuk Kinmen) sebagai provinsi China, dan semakin bermusuhan dalam upayanya untuk aneksasi, ketika pemerintah dan rakyat Taiwan semakin menentang.

Meskipun ketegangan politik yang ada, Kinmen-Xiamen adalah salah satu area di mana kerjasama resmi sebenarnya berhasil berlanjut, dengan upaya bersama untuk memberantas penangkapan ikan dan penyelundupan ilegal, serta misi pencarian dan penyelamatan. 

Tetapi insiden maritim fatal bulan lalu telah mengancam untuk mengganggu dan menimbulkan pertanyaan serius tentang kekuatan perbatasan.

Baca Juga: Putin Dukung China untuk Reunifikasi, Taiwan Diyakini Makin Tegang

Dilansir dari The Guardian, Selasa (19/3/2024), pada Februari lalu patroli China meningkat usai terjadinya kecelakaan fatal yang menimpa sebuah kapal berawak tiga orang di perairan Kinmen. 

Kapal tersebut telah menolak perintah untuk berhenti oleh kapal penjaga pantai Taiwan untuk diperiksa. Dua dari empat penumpang China tewas, dan China menyalahkan Taiwan.

Kemarahan semakin memuncak ketika diketahui bahwa kedua kapal tersebut telah bertabrakan, sebuah fakta yang pada awalnya diabaikan oleh pihak berwenang Taiwan.

Hingga saat ini, lima belas putaran negosiasi tertutup mengenai tanggung jawab dan kompensasi belum menghasilkan kesepakatan.

China menuduh Taiwan menghindar, sementara Taiwan menuduh China mengajukan tuntutan yang tidak masuk akal, seperti menginginkan perwira Taiwan untuk pergi ke daratan untuk diinterogasi.

Para ahli menyatakan bahwa kedua belah pihak jelas berusaha untuk menghindari eskalasi serius dari insiden tersebut. Namun, reaksi China juga sesuai dengan pola penggunaan insiden untuk menetapkan norma baru dan melanggar batas wilayah Taiwan.

Contoh paling mencolok dari taktik ini terjadi pada Agustus 2022, ketika Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan.

Sebagai tanggapan, serangan militer China ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan meningkat, dan penyeberangan garis tengah, perbatasan de facto Selat Taiwan, telah menjadi hal yang biasa.

Baca Juga: Ketegangan Imlek 2024 di Taiwan, 8 Balon China Dilaporkan Masuk Wilayahnya


 



Sumber : Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x