Kompas TV internasional kompas dunia

Peluncuran Satelit di Jepang Gagal, Roket Meledak dan Jatuh setelah Lepas Landas

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 18:25 WIB
peluncuran-satelit-di-jepang-gagal-roket-meledak-dan-jatuh-setelah-lepas-landas
Kepulan asap dari lokasi jatuhnya roket Space One yang meledak usai lepas landas di Prefektur Wakayama, barat Jepang, Rabu (13/3/2023). (Sumber: Kyodo News via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

TOKYO, KOMPAS.TV - Sebuah roket yang sedianya akan mengirim satelit pemerintah Jepang ke orbit, meledak usai lepas landas di Prefektur Wakayama, Rabu (13/3/2024).

Roket itu meledak beberapa saat setelah lepas landas dan penyelidikan tentang insiden tersebut tengah dilangsungkan.

Roket Kairos itu dimiliki oleh Space One, perusahaan yang ingin menjadi institusi swasta pertama di Jepang yang mengirim satelit ke orbit.

Video-video peluncuran Kairos yang beredar di media sosial menunjukkan roket itu meledak lima detik setelah peluncuran. Kepulan asap yang lebat terlihat meliputi lokasi kejadian.

Baca Juga: Putin: Rusia Siap Gunakan Senjata Nuklir jika Kedaulatan atau Kemerdekaannya Terancam

Rekaman televisi NHK menunjukkan ledakan roket menimbulkan debris yang berjatuhan dari langit. Usai ledakan, serpihan-serpihan roket tersebut terlihat berserakan di lapangan.

Tidak ada korban luka yang dilaporkan dalam insiden tersebut. Petugas pemadam kebakaran pun melaporkan api sudah berhasil dikendalikan.

Menurut keterangan Space One, peluncuran tersebut digagalkan lima detik usai lepas landas karena sistem roket mendeteksi sebuah masalah.

Namun, detail dari masalah tersebut belum diketahui dan sedang diselidiki.

"Kami menyikapi apa yang terjadi dengan positif dan tetap siap menghadapi tantangan selanjutnya," kata Presiden Space One Masakazu Toyoda, Rabu, dikutip Associated Press.

Baca Juga: Rusia Sambut Malam Tahun Baru 2024 dengan Gelombang Roket ke Ukraina, Balasan atas Serangan Belgorod


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x