Kompas TV internasional kompas dunia

Pengamat AS: Biden Harus Segera Selamati Prabowo, Akan Ada Kerugian Strategis jika Tak Dilakukan

Kompas.tv - 2 Maret 2024, 13:05 WIB
pengamat-as-biden-harus-segera-selamati-prabowo-akan-ada-kerugian-strategis-jika-tak-dilakukan
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden saat berpidato pada Selasa (6/2/2024). Seorang pengamat AS menyebut Biden harus segera menyelamati Prabowo Subianto yang kini unggul dalam perolehan suara Pilpres 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Pengamat Amerika Serikat (AS) menegaskan Presiden AS Joe Biden harus segera menyelamati Prabowo Subianto yang kini unggul dalam perolehan suara pemilihan presiden 2024.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tengah unggul dalam perolehan suara pemilu 2024 baik lewat quick count dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

AS sendiri telah memberikan selamat atas penyelenggaraan Pemilu 2024 di Indonesia.

Baca Juga: Media Asing Soroti Reaksi Gibran soal Peringatan Bank Dunia Terkait Makan Siang Gratis

Namun, Washington memilih menunggu hasil resmi yang dirilis sebelum kemudian memberikan selamat.

Sejumlah pemimpin negara, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan perwakilan China telah memberikan selamat kepada Prabowo, meski hasil resmi belum keluar.

Ernest Z. Bower, pengamat asal AS dan CEO BowerGroupAsia, perusahaan penasihat strategis di Indo-Pasfik, lewat tulisannya di The Diplomat, Jumat (1/3/2024) menegaskan Biden harus segera menyelamati Biden.

Ia menilai keputusan Washington untuk tak segera menyelamati Prabowo akan menimbulkan kerugian strategis.

“Menunggu hasil resmi pemilu untuk ucapan selamat kepada presiden adalah hal yang masuk akal ketika hasil itu keluar dalam beberapa hari, namun tidak ketika hal itu memakan waktu enam pekan, dan mitra regional serta pesaing AS telah melakukannya,” tulis Bower.



Sumber : The Diplomat

BERITA LAINNYA



Close Ads x