Kompas TV internasional kompas dunia

Wapres Ma ruf Amin Bertemu Wakil PM Selandia Baru, Tingkatkan Kerja Sama Bilateral

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 17:52 WIB
wapres-ma-ruf-amin-bertemu-wakil-pm-selandia-baru-tingkatkan-kerja-sama-bilateral
Wakil Presiden RI Maruf Amin bertemu Deputy Prime Minister (Wakil Perdana Menteri) yang juga Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters, di Grand Hall New Zealand Parliament Buildings, Rabu (28/02/2024). (Sumber: YouTube/Wakil Presiden Republik Indonesia)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Deni Muliya

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin bertemu dengan Wakil Perdana Menteri (PM) yang juga Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters di Grand Hall New Zealand Parliament Buildings, Rabu (28/02/2024). 

Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kerja sama bilateral.

Ma’ruf Amin mengatakan, ia dan Winston Peters membahas tiga hal terkait penguatan hubungan dua negara.

"Pada kesempatan ini, saya ingin membahas tiga hal, yaitu kemitraan komprehensif, dialog lintas agama, dan kemitraan di kawasan Pasifik," papar Ma’ruf, Rabu.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Bertemu PM Selandia Baru, Bahas Perdagangan hingga Pembebasan Sandera

Terkait dengan kemitraan komprehensif, Ma’ruf menegaskan, Selandia Baru merupakan mitra yang penting bagi Indonesia di kawasan Pasifik.

Kemitraan ini merupakan instrumen strategis yang mampu mendorong implementasi konkret, khususnya di bidang ekonomi dan pembangunan.

Wapres berharap, Rencana Aksi 2020-2024 dapat diperbarui di tahun ini sebagai panduan implementasi kemitraan.

Salah satu bentuk kemitraan tersebut adalah kerja sama kemajuan produk halal melalui usulan Perjanjian Pengakuan Timbal Balik (Mutual Recognition Agreement (MRA).

“Saya juga mendengar rencana kunjungan Yang Mulia Perdana Menteri Luxon ke Jakarta tahun ini dan juga kunjungan Yang Mulia ke Jakarta dalam waktu dekat. Saya yakin kunjungan tersebut dapat semakin memperkuat kemitraan Indonesia dan Selandia Baru, dan dapat diikuti dengan berbagai langkah,” ungkapnya. 

Kemudian, terkait dengan dialog lintas agama, Ma’ruf Amin menegaskan, Indonesia negara majemuk sangat memprioritaskan kerukunan antarumat beragama sebagai pilar penting keamanan, kestabilan, dan kesejahteraan di tingkat nasional maupun global.

Ia menyadari bahwa masalah sosial ekonomi kerap meruntuhkan semangat kerukunan tersebut.

Ma’ruf mengapresiasi inisiasi Pemerintah Selandia Baru melalui Christchurch Call dalam menggalang upaya global melawan konten daring kekerasan 

Baca Juga: Wapres Sebut PM Selandia Baru Setuju Upaya Pembebasan Pilot Susi Air Dilakukan secara Persuasif

Adapun terkait dengan kemitraan di Pasifik, Ma’ruf juga mengapresiasi dukungan Selandia Baru dalam implementasi ASEAN Outlook on Indo-Pasifik.

“Kami juga berharap dukungan Selandia Baru bagi peningkatan peran Indonesia di kawasan Pasifik melalui Forum Kepulauan Pasifik atau Pacific Islands Forum (PIF),” tambahnya. 

Dalam sambutan pembukanya, Winston Peters mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara kunci bagi Selandia Baru di kawasan Asia Pasifik, serta termasuk negara terbesar di Asia Tenggara.

"Dan kami melakukan upaya menguatkan perdagangan dua negara, termasuk perdagangan halal," ujar Winston Peters.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x