Kompas TV internasional kompas dunia

Tiba di Den Haag untuk Sidang ICJ, Menlu Retno Marsudi Langsung Temui Menlu Palestina dan Yordania

Kompas.tv - 23 Februari 2024, 10:58 WIB
tiba-di-den-haag-untuk-sidang-icj-menlu-retno-marsudi-langsung-temui-menlu-palestina-dan-yordania
Menlu Retno Marsudi saat berada di Beijing, China, Senin (20/11/2023), saat memberikan pernyataan terkait serangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza oleh Israel. (Sumber: Kemlu RI)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

THE HAGUE, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi sudah tiba di Den Haag, Belanda, Rabu (22/2/2024), usai melakukan penerbangan dari Rio de Janeiro, Brasil.

Menlu Retno tiba di Den Haag untuk memberikan pernyataan pada persidangan di pengadilan internasional PBB (ICJ), Jumat (23/2/2024).

Persidangan itu dilakukan terkait tuduhan genosida yang dilakukan Israel di Gaza.

Baca Juga: Israel Nilai Peliputan Al Jazeera di Gaza Berbahaya, Tel Aviv Siapkan Langkah Tutup Media Qatar Itu

Retno menyebut dia langsung bertemu dengan Menlu Palestina dan Yordania usai tiba di The Hague.

“Saya langsung lakukan pertemuan dengan Menlu Palestina Riyad Al-Maliki di Den Haag,” kata Menlu Retno di akun Instagram-nya.

 “Saya juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Ayman Safadi dari Yordania untuk mendiskusikan pentingnya memastikan keberlanjutan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza,” tambahnya.

Menlu Retno menegaskan dirinya akan memberikan pernyataan verbal demi mendukung Pendapat Penasihat terkait masalah Palestina di Mahkamah Internasional ICJ.


Persidangan di Den Haag berlangsung setelah Afrika Selatan menuntut Israel telah melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza.

Menlu Retno hadir pada hari kelima persidangan yang sudah dimulai sejak Senin (19/2/2024).

Sejumlah negara sudah mengungkapkan pernyataannya terkait penyerangan yang dilakukan Israel di Gaza.

Baca Juga: Pukulan Keras China ke AS di Sidang ICJ: Rakyat Palestina Lebih Berhak Membela Diri ketimbang Israel

Amerika Serikat (AS), seperti biasa membela Israel dengan mengatakan agar negara Zionis tak diperintahkan untuk mundur dari Gaza.

Pernyataan AS itu kemudian dibalas oleh China, yang menyebut rakyat Palestina lebih berhak membela diri ketimbang Israel.

Indonesia sendiri terus menunjukkan perhatian terhadap konflik Israel-Palestina, memberikan dukungan bagi Palestina dengan mengirimkan bantuan, dan terus menyerukan agar gencatan senjata dilakukan.

 

 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x