Kompas TV internasional kompas dunia

AS Respons Pemilu Indonesia, Beri Selamat dan Sebut Bukti Kuatnya Komitmen atas Proses Demokrasi

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 14:43 WIB
as-respons-pemilu-indonesia-beri-selamat-dan-sebut-bukti-kuatnya-komitmen-atas-proses-demokrasi
Juru Bicara Menteri Luar Negeri AS Matt Miller. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat (AS) merespons pemilihan umum (pemilu) Indonesia 2024, dan memberikan selamat atas pelaksanaannya.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Menteri Luar Negeri AS Matt Miller.

Dalam pernyataannya, Rabu (14/2/2024), Miller mengungkapkan pemilu Indonesia merupakan bukti kuatnya komitmen atas proses demokrasi.

Baca Juga: Media Barat Sorot Kemeriahan Pemilu 2024, Tetap Digelar di Tengah Banjir dan Bertabur Diskon

“Kami memberikan selamat kepada rakyat Indonesia atas besarnya partisipasi mereka dalam pemilu hari ini,” katanya dalam pernyataan melalui Kedutaan Besar AS untuk Indonesia.

“Pemungutan suara ini merupakan bukti ketangguhan dan kuatnya komitmen masyarakat Indonesia terhadap proses demokrasi dan lembaga pemilu,” ucap Miller.

Ia pun menegaskan pihaknya menunggu pengumuman resmi hasil pemilu 2024 dari  Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Miller mengaku dirinya tak sabar untuk bekerja sama dengan presiden terpilih dan juga pemerintahan Indonesia yang baru, begitu juga dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Tahun ini, saat kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia, kami berharap bisa bekerja sama dengan presiden terpilih, dan pemerintah Indonesia berikutnya, serta badan legislatif mengenai prioritas bersama yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara,” tuturnya.

Baca Juga: Media Asing Soroti Joget Prabowo Usai Mengklaim Keunggulan saat Quick Count: Kakek yang Menggemaskan

Ia menegaskan hal itu termasuk mengatasi perubahan iklim, memastikan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, serta menjaga stabilitas internasional.

Pada pernyataannya itu, Miller mengatakan AS dan Indonesia adalah mitra dekat, berpedoman pada prinsip-prinsip yang tertuang dalam Kemitraan Strategis Komprehensif AS.

“Bersama dengan pemerintahan baru Indonesia, kami berupaya mewujudkan masa depan yang lebih baik, bagi warga negara kami dan mengatasi tantangan paling mendesak di abad ke-21,” ujarnya.



Sumber : Kedutaan Besar AS


BERITA LAINNYA



Close Ads x