Kompas TV internasional kompas dunia

Usai Kanker Prostat, Menhan AS Lloyd Austin Kembali Dirawat di RS, Kali Ini Masalah Kandung Kemih

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 07:47 WIB
usai-kanker-prostat-menhan-as-lloyd-austin-kembali-dirawat-di-rs-kali-ini-masalah-kandung-kemih
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin kembali menjalani perawatan di rumah sakit pada Minggu (11/2/2024) untuk mengatasi masalah kandung kemih, seiring dengan proses pemulihannya dari kanker prostat. Pentagon menyatakan Austin telah mentransfer wewenangnya kepada wakilnya. (Sumber: AP Photo / Pentagon)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin kembali menjalani perawatan di rumah sakit pada Minggu (11/2/2024) untuk mengatasi masalah kandung kemih, seiring dengan proses pemulihannya dari kanker prostat. Pentagon menyatakan Austin telah mentransfer wewenangnya kepada wakilnya.

Austin mendapat diagnosis kanker prostat bulan Desember 2023 dan terus mengalami komplikasi dari pengobatannya, seperti dilaporkan Associated Press pada Senin (12/2/2024).

Sekitar pukul 14.20 waktu setempat pada Minggu, ia diantar oleh tim keamanannya ke Walter Reed National Military Medical Center "untuk mendapatkan perawatan terkait gejala yang menunjukkan masalah kandung kemih yang mendesak," kata Juru Bicara Pers Pentagon, Mayor Jenderal Pat Ryder, dalam pernyataannya.

Walaupun pada awalnya Austin bermaksud untuk tetap menjalankan "fungsi dan tugas resminya", sekitar pukul 17.00 pada Minggu ia memutuskan untuk mentransfer wewenang tersebut kepada Wakil Menteri Pertahanan AS Kathleen Hicks. Hingga malam Minggu, Austin tetap dirawat di rumah sakit.

Dalam pernyataan petugas medis Walter Reed pada Minggu malam, disebutkan Austin masuk ke unit perawatan kritis untuk perawatan pendukung dan pemantauan yang intensif.

Dokter John Maddox, direktur medis trauma, dan Dr. Gregory Chesnut, direktur Center for Prostate Disease Research di Murtha Cancer Center, menyatakan saat ini belum jelas berapa lama Austin akan tetap dirawat di rumah sakit, namun "masalah kandung kemih saat ini diperkirakan tidak akan mengubah pemulihannya."

Kepala Staf Gabungan atau Kasgab AS diberitahu, begitu juga dengan Gedung Putih dan Kongres.

Austin seharusnya berangkat hari Selasa menuju Brussels untuk pertemuan kelompok kontak Ukraina, yang dia bentuk pada tahun 2022 untuk mengoordinasikan dukungan militer bagi Kiev setelah serangan Rusia. Setelah itu, Austin dijadwalkan untuk menghadiri pertemuan rutin menteri pertahanan NATO.

Baca Juga: Heboh Gedung Putih dan Pentagon Tidak Tahu Menhan AS Lloyd Austin Dirawat Intensif di Rumah Sakit

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin, kembali menjalani perawatan di rumah sakit pada hari Minggu (11/2/2024) untuk mengatasi masalah kandung kemih, seiring dengan proses pemulihannya dari kanker prostat. Pentagon menyatakan Austin telah mentransfer wewenangnya kepada wakilnya. (Sumber: AP Photo)

Belum jelas apakah rawat inap ini akan mengubah rencana tersebut.

Austin didiagnosis kanker prostat pada bulan Desember dan menjalani prosedur bernama prostatektomi pada 22 Desember.

Dalam minggu berikutnya, ia mengalami komplikasi, dan pada 1 Januari, dalam kondisi sangat sakit, ia dibawa ke Walter Reed dengan ambulans dan langsung masuk ke unit perawatan intensif.

Austin tetap berada di Walter Reed hingga 15 Januari. Setelah itu, ia terus pulih dan bekerja dari rumah, serta kembali ke Pentagon pada 29 Januari.

Dokter-dokter sebelumnya menyatakan prognosisnya terhadap kanker itu "sangat baik" dan tidak diperlukan perawatan lebih lanjut.

Austin sudah kembali ke Walter Reed untuk pemeriksaan lanjutan sejak dirawat inap pertamanya, namun ini adalah perjalanan tidak terjadwal pertamanya akibat komplikasi terus-menerus dari pengobatan kankernya.

Austin tidak memberi tahu Presiden Joe Biden, Kongres, atau wakil menteri pertahanannya mengenai diagnosis kanker bulan Desember atau rawat inap awalnya selama berbulan-bulan.

Rahasia tersebut sekarang menjadi subyek penyelidikan inspektur jenderal dan tinjauan internal Pentagon. Ia sebelumnya menyatakan bahwa ia tidak pernah memberi instruksi kepada stafnya untuk merahasiakan rawat inapnya.


 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x