Kompas TV internasional kompas dunia

Pernyataan Resmi Raja Charles III usai Didiagnosis Penyakit Kanker

Kompas.tv - 11 Februari 2024, 09:58 WIB
pernyataan-resmi-raja-charles-iii-usai-didiagnosis-penyakit-kanker
Raja Charles III dari Inggris dan Ratu Camilla meninggalkan The London Clinic di pusat kota London, Senin, 29 Januari 2024. Raja Inggris Charles III didiagnosis menderita kanker dan telah memulai pengobatan, demikian dikabarkan oleh Istana Buckingham di London hari Senin, (5/2/2024). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Raja Charles III mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan dari warga Inggris, setelah dirinya divonis mengidap penyakit kanker.

Catatan terima kasih tersebut dipublikasikan di situs web kerajaan dan halaman resmi keluarga kerajaan di platform media sosial X.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas banyaknya pesan dukungan dan harapan baik yang saya terima dalam beberapa hari terakhir," tulis Charles. 

"Seperti yang diketahui oleh semua orang yang pernah terkena kanker, ucapan-ucapan baik seperti itu adalah penghiburan dan dorongan terbesar," ungkapnya. 

Dalam sebuah pesan kepada publik, raja Inggris berusia 75 tahun ini menambahkan, bahwa sama menggembirakannya untuk mendengar bagaimana berbagi diagnosisnya telah membantu meningkatkan pemahaman tentang kondisi tersebut. 

Baca Juga: Raja Charles Divonis Kanker, Pemimpin Barat Kirim Doa

"Sama menggembirakannya ketika mendengar bagaimana berbagi diagnosis saya sendiri telah membantu meningkatkan pemahaman publik dan menyoroti pekerjaan semua organisasi yang mendukung pasien kanker dan keluarga mereka di seluruh Inggris dan dunia yang lebih luas," jelas Raja Charles III.

Seperti diketahui, Istana Buckingham mengumumkan pada Senin (5/2) lalu bahwa Raja Charles III telah didiagnosis menderita kanker dan telah memulai perawatan dan beristirahat dari tugas-tugas publik. Tidak disebutkan jenis kankernya, meskipun dipahami bukan kanker prostat.

Pangeran Harry terlihat tiba di kediaman Raja, Clarence House, Selasa sore (6/2) menggunakan SUV hitam setelah penerbangan dari California, menyusul kabar Raja Inggris Charles III terdeteksi mengidap kanker.

Kanker yang diderita Raja Charles III terdeteksi secara dini, dan Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak menyatakan Raja Inggris itu akan terus melanjutkan tugas konstitusionalnya.

Melansir Associated Press, pihak kerajaan pada Senin (5/2) mengumumkan raja berusia 75 tahun tersebut didiagnosis menderita jenis kanker yang tidak diungkapkan secara rinci dan sedang menjalani perawatan sebagai pasien rawat jalan.

Baca Juga: Pangeran Harry Tiba di London usai Raja Inggris Charles III Dikabarkan Idap Kanker, Bertemu Satu Jam


 



Sumber : Kompas TV, AP


BERITA LAINNYA



Close Ads x