Kompas TV internasional kompas dunia

Gempa M7,1 Guncang Kazakhstan, Kirgizstan dan China, KBRI Imbau WNI Waspada

Kompas.tv - 23 Januari 2024, 11:44 WIB
gempa-m7-1-guncang-kazakhstan-kirgizstan-dan-china-kbri-imbau-wni-waspada
Warga Kazakhstan bertahan di luar ruangan usai gempa yang dirasakan di Almaty, Kazakhstan, Selasa (23/1/2024). (Sumber: Vladimir Tretyakov/NUR.KZ via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

ASTANA, KOMPAS.TV - Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 7,1 mengguncang wilayah Xinjiang, barat China, Selasa (23/1/2024) pagi waktu setempat. Gempa ini juga berdampak ke dua negara tetangga China, yakni Kazakhstan dan Kirgizstan.

Dilansir Associated Press, otoritas China melaporkan gempa ini merusak atau meruntuhkan lebih dari 120 rumah di daerah barat Xinjiang yang dihuni sedikit penduduk. Enam orang dilaporkan mengalami luka-luka akibat gempa ini.

Baca Juga: Ada Sesar Aktif Baru Penyebab Gempa di Sumedang, Ini Rekomendasi BMKG

Pemerintah Daerah Otonom Xinjiang Uighur melaporkan gempa sempat memutus aliran listrik. Namun, aliran listrik di daerah terdampak dilaporkan telah dipulihkan. Otoritas China mengirim sekitar 200 petugas tanggap bencana di sekitar episentrum.

Sementara itu, di Almaty, Kazakhstan, gempa membuat warga sempat panik dan bergegas keluar gedung. Sejumlah warga memilih berdiri di tengah cuaca dingin usai gempa.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di ibu kota Kazakhstan, Astana, pun telah meminta warga negara Indonesia di Kazakhstan dan Tajikistan untuk melaporkan informasi terakhir serta menghubungi perwakilan KBRI di Kazakhstan.

"Mohon semua WNI berjaga-jaga dan terus memberikan informasi terakhir kepada KBRI Astana, agar kami segera bisa bertindak bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada semua WNI di Kazakhstan, juga di Tajikistan," demikian keterangan Dubes RI untuk Kazakhstan Fadjroel Rachman yang diterima Kompas TV.

Baca Juga: Ajaib, Nenek 90 Tahun Diselamatkan usai 5 Hari Terjebak Reruntuhan Gempa Jepang


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x