Kompas TV internasional kompas dunia

Amnesty Internasional: Israel Gunakan Senjata AS saat Serang Gaza dan Bunuh 43 Warga Sipil Palestina

Kompas.tv - 7 Desember 2023, 11:52 WIB
amnesty-internasional-israel-gunakan-senjata-as-saat-serang-gaza-dan-bunuh-43-warga-sipil-palestina
Warga Palestina memakamkan korban serangan Israel yang dibawa dari Rumah Sakit Al Shifa dalam sebuah kuburan massal di Khan Younis, selatan Jalur Gaza, Rabu, 22 November 2023. (Sumber: AP Photo/Mohammed Dahman)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

GAZA, KOMPAS.TV - Amnesty Internasional mengungkapkan Israel menggunakan senjata buatan Amerika Serikat (AS) saat menyerang Gaza dan membunuh 43 warga sipil Palestina.

Hal itu terungkap dalam laporan Amnesty Internasional bahwa sistem senjata panduan AS digunakan Israel dalam dua serangan udara di Gaza pada Oktober lalu.

Pada laporan yang dikeluarkan Selasa (5/12/2023), dilaporkan pecahan dari sistem panduan Amunisi Serangan Gabungan Langsung (JDAM) buatan AS ditemukan di reruntuhan rumah yang hancur di lingkungan Deir al-Balah di Gaza tengah.

Baca Juga: Dana Bantuan Belum Cair, Janet Yellen Sebut AS Harus Tanggung Jawab kalau Ukraina Kalah

Dikutip dari CNN, Rabu (6/12/2023), ini merupakan laporan pertama Amesty Internasional yang menghubungkan senjata buatan AS dengan sebuah serangan spesifik yang membunuh banyak warga sipil.

Israel sendiri sebenarnya menggunakan berbagai senjata dan amunisi AS di militernya.

Menurut Angkatan Udara (AU) AS, JDAM adalah perangkat panduan yang mengubah bom jatuh bebas yang tak terarah, menjadi amunisi pintar yang akurat dan tahan terhadap cuaca buruk.

Amnesty Internasional mengatakan ahli senjata mereka, dan analis penginderaan jarak jauh telah memeriksa citra satelit dan foto rumah-rumah di Gaza.

Laporan itu mengatakan dari analisis tersebut menunjukkan pecahan persenjataan yang ditemukan dari puing-puing dan kehancurannya.

Para pekerja lapangan di Amnesty Internasional mengambil foto-foto pecahan senjata tersebut.



Sumber : CNN

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.