Kompas TV internasional kompas dunia

Data Statistik: 5 Persen Penduduk Polandia Hidup dalam Kemiskinan Ekstrem

Kompas.tv - 29 November 2023, 02:35 WIB
data-statistik-5-persen-penduduk-polandia-hidup-dalam-kemiskinan-ekstrem
Sebanyak 1,8 juta orang atau hampir 5 persen dari total 41 juta penduduk Polandia, hidup dalam kemiskinan ekstrem. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

WARSAWA, KOMPAS.TV - Sebanyak 1,8 juta orang atau hampir 5 persen dari total 37,75 juta penduduk Polandia hidup dalam kemiskinan ekstrem. Sebanyak 400.000 orang di antara mereka adalah anak-anak dan 300.000 adalah pensiunan.

Menurut data Kantor Statistik Pusat Polandia (GUS) tahun 2022, laporan dari Szlachetna Paczka (Noble Parcel), sebuah pusat penelitian independen, keluarga yang mengalami kemiskinan ekstrem di Polandia berpenghasilan sebesar 20 zloty Polandia atau sekitar Rp78.200 per hari untuk bertahan hidup, seperti dilaporkan Anadolu, Selasa (28/11/2023).

Seseorang dikategorikan hidup dalam kemiskinan ekstrem jika harus bertahan hidup dengan uang sebesar 753,92 zloty atau sekitar Rp2.948.100 per bulan untuk rumah tangga yang terdiri dari satu orang, dan 670,15 zloty atau sekitar Rp2.620.600 per bulan per orang dalam rumah tangga lebih dari satu orang.

Laporan itu juga menemukan, hampir 12 persen dari penduduk Polandia, sekitar 4,5 juta orang, hidup dalam kemiskinan relatif, dan kesusahan untuk mencukupi kebutuhan hidup.

"Seorang anak yang lapar tidak punya kesempatan yang sama di sekolah. Mereka tidak punya energi, mereka tertutup, sehingga tidak belajar membangun hubungan dengan teman sebaya. Mereka tidak punya siapa pun untuk dimintai bantuan. Mereka terjebak dalam lingkaran setan," bunyi laporan Kantor Statistik Pusat Polandia.

Baca Juga: Marah dengan Komentar Zelenskyy di Majelis Umum PBB, PM Polandia: Jangan Hina Bangsa Polandia Lagi

PM Polandia Mateusz Morawiecki. Sebanyak 1,8 juta orang atau hampir 5 persen dari total 41 juta penduduk Polandia, hidup dalam kemiskinan ekstrem. (Sumber: Anadolu)

Laporan itu juga menyatakan, 3 persen dari penduduk Polandia tidak mampu membeli kebutuhan pokok, seperti makanan dan bahan kimia sehari-hari seperti sabun cuci.

Sebanyak 41 persen rumah tangga di Polandia tidak mampu memenuhi kebutuhan biologis dan sosial dasar, menurut laporan tersebut.

Banyak orang miskin di Polandia juga disebut tidak menganggur, tetapi bekerja dengan upah rendah.

Pada 2018, sebanyak 1,7 juta pekerja Polandia berisiko miskin, demikian diungkapkan laporan tersebut. Satu dari tiga penduduk Polandia juga disebut tidak punya tabungan dalam enam bulan terakhir.

Biaya hidup di Polandia juga dilaporkan terus meningkat. Pada tahun 2022, harga makanan naik hampir 22 persen dan biaya sewa tempat tinggal naik lebih dari 20 persen.


 



Sumber : Anadolu

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.