Kompas TV internasional kompas dunia

Rumah Sakit Indonesia Diserang Israel, Ini Permintaan MER-C kepada PBB dan Presiden Jokowi

Kompas.tv - 20 November 2023, 20:07 WIB
rumah-sakit-indonesia-diserang-israel-ini-permintaan-mer-c-kepada-pbb-dan-presiden-jokowi
Ketua Presidium MER-C Dr Sarbini Abdul Murad saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin (20/11/2023), terkait serangan Israel ke Rumah Sakit Indonesia di Gaza. (Sumber: Youtube MER-C Indonesia)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Organisasi kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) mengutuk serangan Israel ke Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

MER-C meminta Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera bertindak atas penyerangan ini.

Rumah Sakit Indonesia diserang oleh Israel pada Senin (20/11/2023) pagi waktu setempat. Akibat serangan tersebut, sedikitnya 12 warga Palestina dilaporkan tewas.

Baca Juga: Menlu RI Kutuk Keras Serangan Israel ke RS Indonesia: Langgar Hukum Humaniter Internasional

Selain itu, menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, pihaknya kehilangan kontak dengan tiga warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan relawan MER-C di Gaza.

“Kami mengutuk sekeras-kerasnya serangan ini yang dilakukan oleh Israel, terhadap sarana kesehatan, Rumah Sakit Indonesia, yang merupakan bentuk persahabatan dan persaudaraan rakyat Indonesia dan Palestina,” kata Ketua Presidium MER-C Dr Sarbini Abdul Murad di Jakarta, Senin.

“Ini sangat melukai rakyat Indonesia sebagai donatur abadi, sebagai pendukung abadi terhadap perjuangan rakyat Palestina,” tambahnya.

Ia pun meminta kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) segera bertindak mengakhiri serangan Israel ke Gaza, wilayah Palestina yang diduduki Israel sejak 1967 dan diblokade sejak 2007.

“Kami meminta, khususnya kepada Dewan Kemanan PBB agar menekan Israel segera cepat untuk memenuhi resolusi,” ucapnya.

Baca Juga: Tank Israel Bombardir Rumah Sakit Indonesia, Staf RS Menolak Pergi demi Rawat Korban

“Di mana gencatan senjata adalah pilihan yang sangat tepat untuk menekan dan menghilangkan korban-korban sipil yang hari ini kita sama-sama melihat begitu mengenaskan,” sambung Dr Sarbini.

Ia juga meminta Presiden Jokowi untuk tak segan dan ragu menekan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk meminta Israel melakukan gencatan senjata.

“Karena gencatan senjata ini, yang akan menyelamatkan warga Gaza dari keganasan Israel,” tuturnya.

Sementara Menlu Retno mengutuk keras serangan Israel ke Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

“Indonesia mengutuk sekeras-kerasnya serangan Israel ke Rumah Sakit Indonesia di Gaza yang menewaskan sejumlah warga sipil,” bunyi pernyataan Menlu Retno, yang saat ini tengah berada di Beijing, China, Senin.

“Serangan tersebut merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum humaniter internasional,” tambahnya.

Menlu Retno menegaskan semua negara, khususnya yang memiliki hubungan dekat dengan Israel, harus menggunakan segala pengaruh dan kemampuan untuk mendesak Tel Aviv menghentikan kekejamannya.


 



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x